Nilai-nilai kearifan lokal pada odong-odong berdekorasi daol di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang / Atiris Silmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai kearifan lokal pada odong-odong berdekorasi daol di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang / Atiris Silmi

Silmi, Atiris (2022) Nilai-nilai kearifan lokal pada odong-odong berdekorasi daol di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang / Atiris Silmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

kajian ini bertujuan untuk menjelaskan cikal bakal odong-odong berdekorasi Daol wujud kearifan lokal odong-odong berdekorasi Daol beserta dinamika perubahannya dan manfaat odong-odong berdekorasi Daol di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan model analisis milik Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa cikal bakal odong-odong berdekorasi Daol berasal dari Kabupaten Sumenep-Madura yang terinspirasi dari tradisi musik Daol. Wujud kearifan lokal odong-odong berdekorasi Daol berupa teknologi transportasi dengan karya seni dekoratif patung dan ukiran aktivitas odong-odong berdekorasi Daol dan juga berupa nilai-nilai kearifan lokal seperti nilai moral religiusitas instrumen musik dan kaligrafi kejujuran kerja keras dan budaya antre. Manfaat adanya odong-odong bersdekorasi Daol di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang yaitu sebagai sarana edukasi rekreasi pelestarian budaya serta meningkatkan perekonomian sebagian masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270637

Actions (login required)

View Item View Item