Strategi politik partai demokrasi indonesia perjuangan pada era pandemi covid-19 dalam pilkada kabupaten malang tahun 2020 / ERMAWATI DWI RESTUNINGSIH - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi politik partai demokrasi indonesia perjuangan pada era pandemi covid-19 dalam pilkada kabupaten malang tahun 2020 / ERMAWATI DWI RESTUNINGSIH

Restuningsih, Ermawati Dwi Restuningsih (2022) Strategi politik partai demokrasi indonesia perjuangan pada era pandemi covid-19 dalam pilkada kabupaten malang tahun 2020 / ERMAWATI DWI RESTUNINGSIH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui strategi politik PDI Perjuangan pada era pandemi Covid-19 dalam memenangkan Pilkada Kabupaten Malang Tahun 2020 serta kendala penerapan strategi politik dan upaya untuk mengatasinya. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis expost facto. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data Pattern Matching yakni analisis domain dengan penyederhanaan pola. Temuan menunjukkan bahwa (1) PDI Perjuangan menggunakan strategi politik ofensif dengan melakukan survei dan pemetaan personal branding pasangan calon elektabilitas partai kampanye door to door kampanye digital dan membidik suara pemilih pemula. Selain itu terdapat pula strategi politik defensif dengan membangun jaringan sosial dan melakukan counter isu negatif. (2) Kendala dalam penerapan strategi politik tersebut adalah sulitnya pengorganisasian jaringan sosial yang dapat diatasi dengan melakukan negosiasi belum meratanya kampanye digital yang membuat kampanye konvensional tetap dijalankan dan terbatasnya dana alokasi kampanye yang dapat diatasi dengan dana individu secara gotong royong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270635

Actions (login required)

View Item View Item