Efektivitas penggunaan digital learning dalam pembelajaran PPKN pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Malang / Diana Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan digital learning dalam pembelajaran PPKN pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Malang / Diana Krisnawati

Krisnawati, Diana (2022) Efektivitas penggunaan digital learning dalam pembelajaran PPKN pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Malang / Diana Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Digital learning adalah alternatif media pembelajaran yang digunakan saat pandemi Covid-19 menjadi pandemi global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan digital learning dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara serta teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital learning dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Malang sangat efektif dengan rata-rata persentase sebesar 79 38% berdasarkan empat indikator efektivitas pembelajaran kualitas pengajaran dilihat dari proses dan hasil pembelajaran yang menunjukkan persentase sebesar 77 45% dengan kriteria sangat efektif. Tingkat pengajaran dilihat dari kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 83 45% dengan kriteria sangat efektif. Insentif dilihat dari aktivitas guru memberikan motivasi kepada peserta didik menunjukkan persentase sebesar 77 58% dengan kriteria sangat efektif. Waktu dilihat dari sejauh mana guru dan peserta didik memaksimalkan penggunaan waktu dalam proses pembelajaran PPKn menggunakan digital learning menunjukkan persentase sebesar 79 28% dengan kriteria sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270632

Actions (login required)

View Item View Item