Nilai-nilai Religi pada Kegiatan Ritual 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Kabupaten Kediri / Febri Wangsa Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai Religi pada Kegiatan Ritual 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Kabupaten Kediri / Febri Wangsa Wardana

Wardana, Febri Wangsa (2022) Nilai-nilai Religi pada Kegiatan Ritual 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Kabupaten Kediri / Febri Wangsa Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan asal-usul dan prosesi kegiatan ritual 1 Suro serta mengupas nilai-nilai religi yang terkandung pada kegiatan ritual 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Kabupaten Kediri. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data berasal dari hasil wawancara observasi catatan lapangan serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil kajian mengungkapkan bahwa tradisi ritual 1 Suro yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Menang pertama kali dilakukan pada tahun 1976 oleh Yayasan Hondodento dari Yogyakarta yang memprakarsai sekaligus pemandu jalannya ritual 1 Suro. Proses pelaksanaan ritual 1 Suro terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan pelaksanaan dan penutup. Nilai-nilai religi yang terkandung dalam ritual 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya adalah (1) hubungan manusia dengan Tuhan (2) hubungan manusia dengan alam (3) hubungan manusia dengan manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270631

Actions (login required)

View Item View Item