Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi di SMAN 3 Kota Kediri / Rahma Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi di SMAN 3 Kota Kediri / Rahma Yunita

Yunita, Rahma (2022) Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi di SMAN 3 Kota Kediri / Rahma Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstak Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran memiliki dampak positif bagi peserta didik. Penelitian dengan metode pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini model pengembangan yang digunakan merujuk pada pendapat Borg dan Gall. Subyek dalam uji coba ini adalah siswa SMAN 3 Kota Kediri kelas XI. Produk yang dihasilkan berupa multimedia yang dapat diaplikasikan langsung pada laptop ponsel pintar komputer secara offline isi dan sistematika secara garis besar terdiri dari halaman awal petunjuk penggunaan media belajar yang berisi materi Harmonisasi-Hak_dan_Kewajiban Asasi Manusia Dalam Prespektif Pancasila serta soal latihan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapati hasil dari 1) Validasi materi dengan penilaian pada aspek kesesuaian materi dengan kompetensi keakuratan materi penyajian materi dengan hasil 91 6 dalam kategori valid. 2) Validasi media media dengan penilaian aspek tampilan multimedia tampilan menu utama tampilan pada setiap menu video serta tampilan quiz didapati hasil 96 5 dengan kategori valid. 3) Tahap Uji coba kelompok kecil didapati hasil mengenai kemenarikan kemudahan pengoprasian multimedia dan kejelasan tampilan multimedia mendapatkan respon baik dengan perolehan hasil belajar dalam kategori cukup baik dalam hasil uji coba pada 4 siswa 2 diantaranya mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. 4) Tahap uji coba kelompok besar mendapatkan hasil mengenai kemenarikan kemudahan pengoprasian multimedia dan kejelasan tampilan multimedia mendapatkan respon baik dengan perolehan hasil belajar dalam kategori sangat baik dalam hasil uji coba latihan soal dari 20 siswa didapati 90% siswa mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah . Media pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berbasis multimedia pada materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia telah dinyatakan menarik serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa didalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI di SMAN 3 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 03:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270629

Actions (login required)

View Item View Item