Pengembangan media "pancasilaku" berbasis e-learning dalam pembelajaran ppkn kompetensi dasar menelaah pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Rifatul Rahmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media "pancasilaku" berbasis e-learning dalam pembelajaran ppkn kompetensi dasar menelaah pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Rifatul Rahmasari

Rahmasari, Rifatul (2022) Pengembangan media "pancasilaku" berbasis e-learning dalam pembelajaran ppkn kompetensi dasar menelaah pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung / Rifatul Rahmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini membahas tentang penelitian pengembangan media “ Pancasilaku “ berbasis e-learning dalam pembelajaran PPKn kompetensi dasar menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media yang efisien dan menarik dalam pembelajaran PPKn berbasis e-learning yaitu bernama “ Pancasilaku “ . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Tahap validasi yang dilakukan oleh validator ahli media ahli materi respon guru dan diuji cobakan kepada 36 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Hasil validasi diperoleh nilai kelayakan produk media yang dikembangkan sebagai berikut (1) dari ahli media diperoleh skor 97 dengan kualifikasi “ sangat baik “ (2) dari ahli materi diperoleh skor 87 dengan kualifikasi “ sangat baik “ (3) dari respon guru diperoleh skor 92 dengan kualifikasi “ sangat baik “ (4) dari uji coba kelompok kecil diperoleh skor 91 3 dengan kualifikasi “ sangat baik “ (5) dari uji coba kelompok besar diperoleh skor 92 6 dengan kualifikasi “ sangat baik “ . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2023 07:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270627

Actions (login required)

View Item View Item