Pengembangan sikap toleransi beragama siswa melalui kegiatan keagamaan di SMPK Widyatama Batu / Cicilia Dyah Intan Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sikap toleransi beragama siswa melalui kegiatan keagamaan di SMPK Widyatama Batu / Cicilia Dyah Intan Puspitasari

Puspitasari, Cicilia Dyah Intan (2022) Pengembangan sikap toleransi beragama siswa melalui kegiatan keagamaan di SMPK Widyatama Batu / Cicilia Dyah Intan Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan keagamaan yang ada mengetahui kegiatan keagamaan yang ditujukan khusus untuk mengembangkan sikap toleransi beragama siswa mengetahui praktik pengembangan sikap toleransi beragama melalui kegiatan siswa yang dilakukan mengetahui hambatan yang dihadapi dalam proses pengembangan sikap toleransi beragama melalui kegiatan siswa dan mengetahui solusi menghadapi hambatan dalam proses pengembangan toleransi beragama melalui kegiatan siswa di SMPK Widyatama Batu. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) kegiatan keagamaannya yaitu bina iman perayaan hari besar keagamaan doa lintas agama dan Aksi Natal serta APP (2) kegiatan keagamaan yang dikhususkan untuk mengembangkan sikap toleransi beragama siswa adalah perayaan hari besar keagamaan doa lintas agama dan Bulan Kitab Suci Nasional (3) praktik pengembangan sikap toleransi siswa pada kegiatan Natal bersama dilakukan dengan mengenalkan siswa dengan suatu kegiatan keagamaan contoh dari guru dan pelibatan aktif siswa (4) hambatan yang dihadapi adalah pandemi Covid-19 dan menurunnya antusias siswa saat kegiatan berlangsung (5) solusinya adalah pemanfaatan teknologi bentuk kegiatan diubah menjadi lomba melakukan kegiatan selingan yang menarik perhatian siswa kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270626

Actions (login required)

View Item View Item