Peran keluarga dalam penguatan karakter integritas pada masa pembelajaran daring bagi siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Cluring / Ratna Ayu Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran keluarga dalam penguatan karakter integritas pada masa pembelajaran daring bagi siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Cluring / Ratna Ayu Damayanti

Damayanti, Ratna Ayu (2022) Peran keluarga dalam penguatan karakter integritas pada masa pembelajaran daring bagi siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Cluring / Ratna Ayu Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring mewajibkan siswa untuk melakukan kegiatan belajarnya di rumah sehingga guru tidak bisa memantau siswa secara langsung. Terpisahnya jarak antara guru dan siswa menimbulkan permasalahan integritas atau ketidak jujuran saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran keluarga dalam penguatan karakter integritas serta kendala dan solusi dalam proses penguatan karakter integritas pada masa pandemi bagi siswa di SMAN 1 Cluring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran keluarga dalam penguatan karakter integritas pada masa pembelajaran daring bagi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cluring adalah dengan menjadi contoh atau teladan yang baik mengawasi dan memotivasi siswa. (2) Kendala penguatan karakter integritas pada pembelajaran daring yaitu kesadaran diri siswa mengenai penerapan penguatan karakter integritas cenderung masih kurang adanya pengaruh teman dan kesibukan orangtua sehingga tidak dapat mendampingi serta mengawasi siswa secara langsung saat pembelajaran daring. Solusi untuk mengatasi kendala penguatan karakter integritas memaksimalkan kerjasama antara guru dan orangtua sehingga memudahkan sekolah dalam memantau perkembangan penguatan karakter integritas siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Cluring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270625

Actions (login required)

View Item View Item