Persepsi anak tunggu tubang terhadap pelaksanaan hukum adat di Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan / Dita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi anak tunggu tubang terhadap pelaksanaan hukum adat di Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan / Dita Rahmawati

Rahmawati, Dita (2022) Persepsi anak tunggu tubang terhadap pelaksanaan hukum adat di Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan / Dita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem kekerabatan masyarakat adat Semende kedudukan anak Tunggu Tubang dalam hukum adat pelaksanaan hukum adat Semende dan persepsi anak Tunggu Tubang terhadap pelaksanaan hukum adat Semende di Desa Pajar Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif milik Miles and Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sistem kekerabatan yang dianut adalah Lembaga Adat Semende Meraje Anak Belai. Dalam pelaksanaan adat perkawinan terdapat Naikkah Rasan Ngulangkah Rasan Cetekah Rasan Makhetaskan Aguk rsquo an Memberikan Perbie Tetunggal dan Akad Nikah. Sedangkan hukum warisnya secara otomatis langsung diberikan kepada anak perempuan tertua di dalam keluarga. Persepsi anak Tunggu Tubangterhadap pelaksanaan hukum adat Semende tidak mudah memiliki tanggung jawab yang besar dan beresiko serta harus menjaga amanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270624

Actions (login required)

View Item View Item