Penerapan e-goverment pada pelayanan publik penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP) (studi kasus DISDUKCAPIL Kabupaten Trenggalek) / Ggsela Septina Yutristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan e-goverment pada pelayanan publik penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP) (studi kasus DISDUKCAPIL Kabupaten Trenggalek) / Ggsela Septina Yutristiani

Yutristiani, Gisela Septina (2022) Penerapan e-goverment pada pelayanan publik penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP) (studi kasus DISDUKCAPIL Kabupaten Trenggalek) / Ggsela Septina Yutristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-government diterapkan pemerintah agar pelayanan publik lebih mudah efektif dan efisien. Salah satu pelayanan publik yang menggunakan e-government adalah penerbitan KTP Elektronik (KTP-el). KTP-el sangat penting dimiliki penduduk sebagai identitas diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan e-government pada pelayanan publik penerbitan KTP-el serta kendala yang terjadi selama menerapkan e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Trenggalek. Penelitian dilakukan di Disdukcapil Kabupaten Trenggalek. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yaitu Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kasi Identitas Penduduk dan dua penduduk Kabupaten Trenggalek. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis domain dengan pencocokan pola (eksplanatori/deskriptif). Hasil menujukkan bahwa e-government pada pelayanan publik penerbitan KTP-el diterapkan dalam bentuk aplikasi ldquo siMinaksopal rdquo . Aplikasi ini dapat melayani pengurusan dokumen kependudukan secara online dimana penduduk tidak perlu datang langsung ke kantor Disdukcapil. Terdapat kendala dalam penerapan e-government berkaitan dengan penyebarluasan informasi ldquo siMinaksopal rdquo jaringan tempat tinggal dan sistem antrian online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270623

Actions (login required)

View Item View Item