Implementasi metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran PPKN Kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari di masa pandemi covid-19 / Yetika Trimita - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran PPKN Kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari di masa pandemi covid-19 / Yetika Trimita

Trimita, Yetika (2022) Implementasi metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran PPKN Kelas XI IPA 2 SMA Islam Almaarif Singosari di masa pandemi covid-19 / Yetika Trimita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran PPKn kelas XI Ipa 2 SMA Islam Almaarif Singosari di masa pandemi COVID-19 kendala yang muncul dan upaya mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Mekanisme pengumpulan data menggunakan wawancara dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Hiberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi metode pembelajaran resitasi terdiri dari tiga fase yaitu fase pemberian tugas fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggungjawabkan tugas. (2) kendala yang dihadapi dalam implementasi metode resitasi yaitu sulit memberikan tugas dengan perbedaan latar belakang siswa sulit mengontrol siswa agar dapat menyelesaikan tugas kelompok dan juga individu dan beban tugas yang memicu siswa malas untuk mengerjakan tugas. (3) upaya mengatasi kendala tersebut yaitu guru harus kreatif dan inovatif menggunakan metode pembelajaran siswa dapat memperbaiki nilai dengan membaca alquran beberapa lembar memberikan waktu tambahan bagi siswa yang belum menyelesaikan tugas guru bersama wali kelas BK dan Tim Kurikulum proaktif dalam mendampingi siswa yang bermasalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 07:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270621

Actions (login required)

View Item View Item