Pola pembelajaran ppkn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kepanjen / Gus Mya Millenia Dinanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola pembelajaran ppkn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kepanjen / Gus Mya Millenia Dinanty

Dinanty, Gus Mya Millenia (2022) Pola pembelajaran ppkn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kepanjen / Gus Mya Millenia Dinanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan terkait pembelajaran pada masa pandemi yang berdampak pada pola pembelajaran di Indonesia. Kajian ini mendeskripsikan pola pembelajaran faktor penghambat dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Kepanjen. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pola pembelajaran PPKn pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Kepanjen yakni secara daring dan luring terbatas dengan memanfaatkan media pembelajaran online seperti Zoom dan Google Classroom. Hambatan yang muncul selama pembelajaran adalah terkendalanya jaringan kemampuan ekonomi peserta didik yang terbatas peserta didik kurang memahami materi kurangnya penguasaan teknologi yang dialami guru dan peserta didik serta kegiatan belajar mengajar tidak berjalan efektif. Upaya yang dilakukan untuk menangani hambatan tersebut yakni memasang wifi di beberapa sudut sekolah pemberian paket data pemberian pendampingan masif memberikan pelatihan/workshop mengirim materi melalui Google Classroom serta membuat bahan ajar yang padat dan singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270618

Actions (login required)

View Item View Item