Kesadaran hukum generasi muda terhadap kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik di Desa Gondanglegi Wetan / Iklil Fatatus Shofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesadaran hukum generasi muda terhadap kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik di Desa Gondanglegi Wetan / Iklil Fatatus Shofa

Shofa, Iklil Fatatus (2022) Kesadaran hukum generasi muda terhadap kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik di Desa Gondanglegi Wetan / Iklil Fatatus Shofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

KTP-el merupakan kartu identitas penduduk yang wajib dimiliki warga Indonesia pada usia minimal 17 tahun. Rendahnya kesadaran hukum dalam kepemilikan KTP-el menjadi fenomena sosial yang masih melekat pada generasi muda di Desa Gondanglegi Wetan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab generasi muda tidak memiliki KTP-el peran perangkat kecamatan dalam meningkatkan kepemilikan KTP-el serta upaya yang diperbaiki dalam meningkatkan kepemilikan KTP-el. Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif digunakan dalam kajian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa faktor penyebab generasi muda tidak memiliki KTP-el dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kurangnya tanggung jawab dan pola pikir. Kurangnya tanggung jawab dan pola pikir tersebut antara lain rasa malas ketidaktahuan prosedur dan syarat pembuatan KTP-el dan anggapan KTP-el tidak penting. Peran perangkat kecamatan dalam meningkatkan kepemilikan KTP-el adalah memberikan kualitas pelayanan sebaik mungkin membuat program inovasi pelayanan yaitu piket pelayanan hari Sabtu dan menyediakan sarana dan prasarana untuk merekam KTP-el. Perlu adanya upaya sosialisasi pentingnya KTP-el penyebaran poster pentingnya KTP-el di sosial media dan penambahan kuota pengajuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270607

Actions (login required)

View Item View Item