Pengembangan media pembelajaran PPKN berbasis aplikasi tiktok untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem dan dinamika demokrasi pancasila Kelas XI MIPA 1 SMA Islam Al-maarif Singosari / Muhammad Farhan Asrori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran PPKN berbasis aplikasi tiktok untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem dan dinamika demokrasi pancasila Kelas XI MIPA 1 SMA Islam Al-maarif Singosari / Muhammad Farhan Asrori

Asrori, Muhammad Farhan (2022) Pengembangan media pembelajaran PPKN berbasis aplikasi tiktok untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem dan dinamika demokrasi pancasila Kelas XI MIPA 1 SMA Islam Al-maarif Singosari / Muhammad Farhan Asrori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode ceramah yang monoton masih kerap dipakai guru dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang baik. Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang valid serta praktis guna meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem dan dinamika demokrasi Pancasila di Indonesia. Tahap penelitian dan pengembangan produk meliputi analisis kebutuhan desain produk pembuatan produk validasi dan pengujian. Subyek audiensi adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Islam Al-Maarif Singosari. Produk yang dihasilkan berupa video TikTok yang dapat diakses melalui smartphone laptop dan komputer secara online. Hasil uji kevalidan materi dan media memperoleh skor 95% dikategorikan sangat valid serta uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 100% dikategorikan sangat praktis. Kemenarikan kemudahan pengoperasian dan kejelasan tampilan media pembelajaran memperoleh skor sebesar 95% pada hasil uji coba skala kecil dan skor 92% pada hasil uji coba skala besar. Rata-rata nilai hasil belajar pada 24 siswa menunjukkan peningkatan dari nilai pretest sebesar 58 menjadi 93 pada posttest. Berdasarkan semua validasi dan tes yang dilakukan terbukti bahwa media pembelajaran PPKn berbasis aplikasi TikTok pada materi sistem dinamika demokrasi Pancasila di Indonesia dapat dianggap sangat valid praktis menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270599

Actions (login required)

View Item View Item