Aktualisasi nilai pancasila pada upacara adat karo di masyarakat suku Tengger Desa Ngadas Kabupaten Malang / Erfiannisa Nur Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Aktualisasi nilai pancasila pada upacara adat karo di masyarakat suku Tengger Desa Ngadas Kabupaten Malang / Erfiannisa Nur Sholichah

Sholichah, Erfiannisa Nur (2022) Aktualisasi nilai pancasila pada upacara adat karo di masyarakat suku Tengger Desa Ngadas Kabupaten Malang / Erfiannisa Nur Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui wujud aktualisasi nilai Pancasila pada upacara adat Karo faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan upacara adat Karo di masyarakat suku Tengger Desa Ngadas Kabupaten Malang serta cara mengatasi faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Wujud aktualisasi nilai Pancasila pada upacara adat Karo dapat ditemui dalam nilai ketuhanan nilai kemanusiaan nilai persatuan nilai kerakyatan dan nilai keadilan (2) Faktor pendukung upacara adat Karo adalah kesadaran masyarakat dan tujuan kegiatan pada upacara adat Karo (3) Faktor penghambat dalam upacara adat Karo adalah adanya warga yang kurang antusias mengikuti upacara adat Karo faktor alam dan generasi muda yang belum memahami secara mendalam makna upacara adat Karo (4) Cara mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan upacara adat Karo dengan menerapkan sanksi serta melakukan pendekatan terhadap warga untuk meningkatkan antusias mengikuti upacara adat Karo menerapkan protokol kesehatan dan mengurangi hiburan dan memberikan edukasi program penunjang serta partisipasi orangtua untuk meningkatkan pemahaman makna upacara adat Karo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270560

Actions (login required)

View Item View Item