Upaya sekolah dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap norma kesopanan di SMAN 7 Malang / Dio Achmad Farezi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya sekolah dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap norma kesopanan di SMAN 7 Malang / Dio Achmad Farezi Pratama

Pratama, Dio Achmad Farezi (2022) Upaya sekolah dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap norma kesopanan di SMAN 7 Malang / Dio Achmad Farezi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tentang norma memang sudah diajarkan pada anak sejak kecil oleh orang tua. Norma dibentuk oleh kondisi kehidupan setiap individu. Upaya sekolah yang diberikan untuk membentuk kesopanan siswa tidak bisa lepas dari peran guru dalam memberikan pembelajaran disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Bagaimana perilaku siswa SMAN 7 Malang berkaitan dengan norma kesopanan (2) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kepatuhan siswa pada norma kesopanan (3) Apa kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap norma kesopanan di SMAN 7 Malang (4) Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap norma kesopanan di SMAN 7 Malang Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMAN 7 Kota Malang. Sumber data dari penelitian ini adalah informan peristiwa dan dokumen. Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti adalah (1) Siswa dapat menerima dengan baik pembelajaran norma kesopanan dikarenakan siswa telah mendapatkan pembelajaran tersebut dan menjalankannya (2) Upaya yang diberikan sekolah dalam meningkatkan kepatuhan pada norma kesopanan melalui kegiatan pembelajaran secara akademis dan non akademis (3) Kendala dalam meningkatkan kepatuhan norma kesopanan siswa terdiri dari faktor keluarga pergaulan lingkungan sekolah dan masyarakat (4) Solusi yang diberikan sekolah untuk menghadapi kendala meningkatkan norma kesopanan adalah kontrol oleh orang tua guru / tatib sekolah dan pemilihan pergaulan Saran dari peneliti tentang pembelajaran norma kesopanan memang harus dibudayakan dimana saja karena sebagai acuan individu untuk dinilai di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270547

Actions (login required)

View Item View Item