Penanaman nilai moral cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran daring PPKN Kelas IX di SMA PGRI 1 Lumajang pada masa pandemi covid-19 / Farizky Aulia Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai moral cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran daring PPKN Kelas IX di SMA PGRI 1 Lumajang pada masa pandemi covid-19 / Farizky Aulia Rahman

Rahman, Farizky Aulia (2022) Penanaman nilai moral cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran daring PPKN Kelas IX di SMA PGRI 1 Lumajang pada masa pandemi covid-19 / Farizky Aulia Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahman Farizky Aulia . 2021. Penanaman Nilai Moral Dalam Kegiatan Pembelajaran Daring Ppkn Kelas Ix Di Sma Pgri 1 Lumajang Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si. Pembimbing (II) Dr. Didik Sukriono SH M.Hum. Kata Kunci Nilai Moral Pembelajaran Daring COVID-19 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan faktor-faktor penghambat serta solusi dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan penanaman nilai moral cinta tanah air melalui pembelajaran PPKn pada masa pandemi COVID-19 di SMA PGRI 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Sumber data penelitian berupa informan peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara studi dokumentasi dan triangulasi atau gabungan. Analisis data menggunakan teknik analisis data non statistik yang bersifat deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan peserta didik dalam mengimplementasikan nilai-nilai moral terdiri dari gotong royong disiplin jujur toleransi serta sikap sopan dan santun. Kendala yang ditemukan adalah penguatan nilai-nilai moral yang dilakukan masih pada tataran pengetahuan (civic knowledge) yang bersifat konvensional seperti bercerita dan percakapan/tanya jawab dimana guru sangat dominan dalam pembelajaran. Solusi yang dapat diterapkan adalah menggunakan multiple intelligences berbasis portofolio dengan diintegrasikan pada mata pelajaran untuk dapat mengembangkan life skill peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270545

Actions (login required)

View Item View Item