Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi "ken-duren" (kenduri durian) di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Nila Alviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi "ken-duren" (kenduri durian) di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Nila Alviana

Alviana, Nila (2022) Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi "ken-duren" (kenduri durian) di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Nila Alviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asal-usul Tradisi Kenduren prosesi Tradisi Kenduren dan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam Tradisi Kenduren di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asal-usul Tradisi Kenduren berawal dari adanya potensi hasil bumi terutama buah durian yang melimpah kemudian tercetuslah Tradisi Kenduren yaitu acara slametan yang dilakukan oleh masyarakat Wonosalam sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah. Selain itu tradisi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Wonosalam. Prosesi Tradisi Kenduren diawali dengan ziarah ke makam Mbah Wonosegoro yang merupakan sesepuh desa kemudian kenduri di lapangan Wonosalam kirab hasil bumi pembukaan sambutan pembacaan doa dan acara yang terakhir pembagian buah durian kepada pengunjung yang hadir. Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam Tradisi Kenduren yaitu nilai religius nilai gotong royong nilai seni dan nilai ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 03:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270539

Actions (login required)

View Item View Item