Pelestarian nilai-nilai pancasila melalui program kampung qur'an pada masyarakat Dusun Sedayu Desa Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung / Kanzenna Kurnia Ashshiddieqy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelestarian nilai-nilai pancasila melalui program kampung qur'an pada masyarakat Dusun Sedayu Desa Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung / Kanzenna Kurnia Ashshiddieqy

Ashshiddieqy, Kanzenna Kurnia (2022) Pelestarian nilai-nilai pancasila melalui program kampung qur'an pada masyarakat Dusun Sedayu Desa Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung / Kanzenna Kurnia Ashshiddieqy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pancasila ditanamkan kegenerasi muda karena banyak terjadi perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini membahas konsep dan proses pelaksanaan dan pelestarian nilai-nilai Pancasila melalui program Kampung Qur rsquo an pada masyarakat Dusun Sedayu faktor pendukung dan penghambat serta upaya Pondok Pesantren Tahfidzul Qur rsquo an Al-Islam dalam mengatasi hambatan pelestarian nilai-nilai Pancasila melalui program Kampung Qur rsquo an pada masyarakat Dusun Sedayu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Nilai Nilai Pancasila yang dilestarikan meliputi nilai religius nilai kepedulian sosial nilai kepedulian lingkungan nilai kesopanan nilai kekeluargaan nilai gotong royong nilai musyawarah dan nilai keadilan sosial. Faktor Pendukung Pelestarian Nilai-Nilai Pancasila adalah karakter masyarakat yang terbuka pondok pesantren bisa menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat masyarakat merasa senang dan terbantu dengan berbagai kegiatan dalam program kampung qur rsquo an keinginan masyarakat akan perubahan bantuan berupa materi dan moral dari masyarakat. Faktor penghambat Pelestarian Nilai-Nilai Pancasila adalah terdapat beberapa masyarakat yang masih tertutup kadang ada perilaku santri yang membuat masyarakat kurang senang terdapat perbedaan kebudayaan antara masyarakat dengan santri pondok pesantren. Upaya Pondok Pesantren Tahfidzul Qur rsquo an Al-Islam dalam mengatasi hambatan pelestarian nilai-nilai pancasila adalah melakukan sosialisasi tentang program yang dijalankan mengadakan evaluasi hasil kegiatan berusaha beradaptasi dengan kondisi masyarakat Susun Sedayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 01 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270537

Actions (login required)

View Item View Item