Implementasi kebijakan penanganan penyebaran coronavirus disease-19 (covid-19) di Kota Malang / Dimas Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kebijakan penanganan penyebaran coronavirus disease-19 (covid-19) di Kota Malang / Dimas Saputra

Saputra, Dimas (2022) Implementasi kebijakan penanganan penyebaran coronavirus disease-19 (covid-19) di Kota Malang / Dimas Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi kebijakan penanganan penyebaran covid-19 di Kota Malang hambatan dan upaya yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Malang dalam implementasi kebijakan penanganan penyebaran covid-19. Pendekatan penelitian dalam kajian ini yakni penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dokumentasi observasi dan wawancara. Teknik analisis data yakni reduksi data penyajian data dan verifikasi. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa 1) Terdapat beberapa kebijakan yang diimplementasikan oleh Pemerintah Kota Malang dalam menangani penyebaran covid-19 yakni kebijakan pembatasan sosial berskala besar kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan kebijakan vaksinasi. 2) Hambatan yang dihadapi yakni proses koordinasi membutuhkan waktu yang cukup lama adanya perubahan regulasi terus-menerus dari pemerintah pusat masyarakat yang masih kurang percaya adanya covid-19 dan kesadaran masyarakat yang kurang mematuhi aturan protokol kesehatan mobilitas masyarakat yang tidak dapat dikendalikan keterbatasan ketersediaan fasilitas kesehatan pada saat puncak pandemi dan beredarnya informasi hoax mengenai bahwa vaksin membahayakan kesehatan. 3) Upaya mengatasi hambatan tersebut yakni melakukan koordinasi atau komunikasi secara virtual meningkatkan tanggapan mengenai perubahan regulasi atau ketentuan dari pemerintah pusat melakukan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat serta memberikan informasi layanan covid-19 meningkatkan ketertiban pelaksanaan kebijakan dalam menangani penyebaran covid-19 mengoptimalkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan penunjang covid-19 serta perlu adanya kepastian informasi resmi dari pemerintah bahwa dengan adanya vaksinasi dapat mengurangi risiko terpapar covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 01:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270533

Actions (login required)

View Item View Item