Upaya pemanfaatan tempat pembuangan akhir supit urang dalam mengurangi tingkat kelangkaan lpg sebagai kinerja good governance Pemerintah Daerah Kota Malang / Friska Ramadhany - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya pemanfaatan tempat pembuangan akhir supit urang dalam mengurangi tingkat kelangkaan lpg sebagai kinerja good governance Pemerintah Daerah Kota Malang / Friska Ramadhany

Ramadhany, Friska (2022) Upaya pemanfaatan tempat pembuangan akhir supit urang dalam mengurangi tingkat kelangkaan lpg sebagai kinerja good governance Pemerintah Daerah Kota Malang / Friska Ramadhany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelangkaan merupakan suatu kondisi yang tidak mempunyai cukup sumber untuk memenuhi semua kebutuhan. Terjadinya kelangkaan Liquified Petroleum Gas (LPG) yang terjadi akibat beberapa faktor antara lain semakin pesatnya penggunaan LPG pada kalangan masyarakat terutama penggunaan LPG tabung 3 kilogram. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Kota Malang memiliki cara untuk mengurangi kelangkaan LPG dengan memanfaatkan sampah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) Upaya Pemerintah Daerah Kota Malang dalam mengurangi kelangkaan LPG dengan memanfaatkan TPA Supit Urang (2) Kendala Pemerintah Daerah Kota Malang dalam mengurangi kelangkaan LPG dengan memanfaatkan sampah di TPA Supit Urang (3) Upaya penyelesaian dari kendala Pemerintah daerah Kota Malang dalm mengurangi kelangkaan LPG dengan memanfaatkan sampah di TPA Supit Urang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian dekskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di TPA Supit Urang wawancara bersama kepala TPA Supit Urang koordinator TPST Supit Urang serta masyarakat dan dokumentasi berupa gambar yang diambil pada saat penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa upaya Pemerintah dalam mengurangi kelangkaan LPG yaitu dengan memanfaatkan gas metana yang terkandung di dalam sampah sebagai energi alternatif untuk memasak. Kendala pemanfaatan sampah di TPA Supit Urang Kota Malang dalam mengurangi kelangkaan LPG yaitu pipa penyalur gas metana yang sering bocor dan pecah waktu penggunaan yang terbatas jangkauan dalam menyalurkan gas metana yang terbatas serta terjadinya kebakaran yang menyebabkan energi alternatif gas metana belum bisa digunakan kembali. Upaya penyelesaian untuk mengatasi kendala dalam mengurangi kelangkaan LPG dengan memanfaatkan sampah di TPA Supit Urang yaitu dengan mengganti sistem pengolahan sampah dari sistem control landfill menjadi sistem sanitary landfill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270532

Actions (login required)

View Item View Item