Kandungan pendidikan karakter dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran PPKN Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih Pasirian Kabupaten Lumajang / Abisag Nanda Adi Kristi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kandungan pendidikan karakter dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran PPKN Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih Pasirian Kabupaten Lumajang / Abisag Nanda Adi Kristi

Kristi, Abisag Nanda Adi (2022) Kandungan pendidikan karakter dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran PPKN Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih Pasirian Kabupaten Lumajang / Abisag Nanda Adi Kristi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kandungan pendidikan karakter mulai dari nilai-nilai karakter dan perencanaan evaluasi sikap yang termuat dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih Pasirian Kabupaten Lumajang. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif berbasis studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) Nilai-nilai karakter yang termuat secara eksplisit dalam RPP PPKn Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih Pasirian Kabupaten Lumajang adalah nilai religius dan secara implisit yaitu nilai religius peduli sosial rasa ingin tahu demokratis semangat kebangsaan cinta tanah air kreatif komunikatif menghargai prestasi dan tanggung jawab. (2) Kegiatan pembelajaran dalam RPP baik kegiatan pendahuluan kegiatan inti maupun kegiatan penutup secara keseluruhan sudah memuat nilai karakter yang bervariasi. (3) Evaluasi pendidikan karakter atau sikap pada RPP PPKn Kelas VII SMP Kristen Pelangi Kasih menggunakan aplikasi bernama Class Dojo dengan sistem penambahan poin apabila karakter peserta didik sesuai dengan peraturan sekolah dan pengurangan poin apabila karakter peserta didik tidak sesuai dengan peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270525

Actions (login required)

View Item View Item