Pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran daring Mata Pelajaran PPKN Kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan / Aprilia Arianti Musahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran daring Mata Pelajaran PPKN Kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan / Aprilia Arianti Musahlan

Musahlan, Aprilia Arianti (2022) Pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran daring Mata Pelajaran PPKN Kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan / Aprilia Arianti Musahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran daring mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Bangkalan hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan grup whatsapp sebagai media pembelajaran daring mata pelajaran PPKn dan solusi untuk mengatasi hambatan. Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian meliputi informan yaitu guru PPKn dan siswa kelas X peristiwa dan dokumentasi. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yaitu analisis domain dengan pencocokan pola yang berupa penjelasan atau deskriptif meliputi hasil yang diharapkan sebagai pola penjelasan pembanding sebagai pola terakhir pola yang lebih sederhana. Hasil penelitian bahwa pemanfataan grup whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 2 Bangkalan yaitu memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran daring dibandingkan dengan media aplikasi lain. Hambatan dalam pemanfaatan grup whatsapp adanya gangguan jaringan internet memori HP penuh dan motivasi siswa menurun. Upaya dalam mengatasi hambatan yaitu memberikan keringanan waktu pengumpulan tugas sesekali melakukan video call group antara guru dengan siswa menghapus file yang tidak diperlukan dan guru melakukan variasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270513

Actions (login required)

View Item View Item