Pengaruh penggunaan aplikasi coolapp materi pembuatan kerah jas pria menggunakan Project-Based Learning (PBL) pada hasil belajar siswa tata busana di SMK Al-Munawwariyyah / Lailatul Agilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan aplikasi coolapp materi pembuatan kerah jas pria menggunakan Project-Based Learning (PBL) pada hasil belajar siswa tata busana di SMK Al-Munawwariyyah / Lailatul Agilia

Agilia, Lailatul (2022) Pengaruh penggunaan aplikasi coolapp materi pembuatan kerah jas pria menggunakan Project-Based Learning (PBL) pada hasil belajar siswa tata busana di SMK Al-Munawwariyyah / Lailatul Agilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tata Busana SMK AL-Munawwariyyah merupakan salah satu jurusan yang fokus mencetak siswa yang terampil dalam pengembangan busana trend seperti jas. Namun demikian suasana pembelajaran kurang optimal dikarenakan kecenderungan siswa pasif saat praktek semangat belajar menurun dan kurang menariknya pembelajaran yang berakibat rendahnya ketuntasan belajar siswa. Salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah penerapan aplikasi android CoolApp dalam pembelajaran Project-Based Learning pada materi pembuatan kerah jas pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi CoolApp dalam pembelajaran Project-Based Learning (PBL) pada hasil belajar siswa pada materi pembuatan kerah jas pria. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. 30 siswa Tata Busana SMK AL- Munawwariyyah tahun pelajaran 2021/2022. Analisis data menggunakan uji perhitungan persentase dan rubrik kriteria hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi CoolApp dalam Project-Based Learning berhasil mengembangkan hasil belajar siswa dengan rata- rata mencapai 75 5% (paham). Hasil belajar siswa secara mendetail pada masing- masing sub variabel adalah (1) menentukan pertanyaan mendasar diperoleh rata-rata persentase sebesar 68 35% dengan kategori paham (2) menyusun perencanaan proyek rata-rata memperoleh nilai sebesar 85 50% dengan kategori sangat paham (3) menyusun jadwal rata-rata memperoleh nilai sebesar 66 25% dengan kategori tidak paham (4) sub variabel pengerjaan proyek rata-rata memperoleh nilai sebesar 76 80% dengan kategori paham (5) penilaian hasil proyek pembuatan jas pria secara rata-rata memperoleh nilai sebesar 73 7% dengan kategori paham dan (6) mengevaluasi pengalaman mengerjakan proyek kerah jas pria diperoleh rata-rata persentase sebesar 72 0% dengan kategori paham. Dari rangkaian pembelajaran Project-Based Learning (PBL) menggunakan CoolApp berhasil mengembangkan hasil belajar siswa SMK AL-Munawwariyyah dengan hasil yang diperoleh persentasi belajar siswa dengan rata-rata paham keseluruhan hasil belajar yang diukur. Perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui keefektifan aplikasi android CoolApp pada model pembelajaran lain dengan metode eksperimen. Serta pemanfaatan secara lebih luas aplikasi android pada pembelajaran untuk materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269891

Actions (login required)

View Item View Item