Peran komunitas rajut Malang bagi anggota dalam menigkatkan keterampilan pengelolaan usaha / Madina Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran komunitas rajut Malang bagi anggota dalam menigkatkan keterampilan pengelolaan usaha / Madina Rohmah

Rohmah, Madina (2022) Peran komunitas rajut Malang bagi anggota dalam menigkatkan keterampilan pengelolaan usaha / Madina Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madina Rohmah. 2022. Peran Komunitas Rajut Malang bagi Anggota dalam Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Usaha. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prahastuti M. Pd (II) Dra. Sri Eko Puji Rahayu M. Si. Kata Kunci peran komunitas keterampilan mengelola usaha. Komunitas Rajut Malang merupakan komunitas yang bergerak dibidang seni hand made membuat kerajinan rajut. Anggota yang bergabung dalam komunitas ini sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga yang memiliki hobi merajut maupun pengrajin rajut namun pada awal bergabung dengan komunitas anggota belum maksimal dalam penggunaan media sosial pengadaan bahan keragaman teknik merajut dan keragaman produk yang dihasilkan sehingga menyebabkan sulit memasarkan produk yang mereka hasilkan. Tujuan yang ingin dicapai oleh komunitas ini adalah memberikan pendidikan dan pengalaman pada anggota tentang pembuatan rajut hingga pemasaran produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Komunitas Rajut Malang dalam membimbing anggota dalam mencapai tujuan yang diinginkan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan membuat produk rajut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Data yang diambil merupakan hasil dari observasi langsung dilapangan dan wawancara dari narasumber di Komunitas Rajut Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota yang bergabung dengan usaha rajut dikomunitas semakin bertambah setiap tahunya. Setelah mengikuti kegiatan di Komunitas Rajut Malang anggota mendapat berbagai pengalaman dan bimbingan tentang keterampilan membuat rajutan dan pengelolaan usaha rajut. Sehingga anggota dapat menambah nilai jual produk yang mereka hasilkan dari hobi merajut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah seyogyanya anggota Komunitas Rajut Malang dapat terus berinovasi dan produktif dalam menghasilkan produk rajutan yang lebih beragam sehingga dapat bersaing dengan produk-produk rajut yang ada dipasaran. Selain itu media sosial juga sangat berperan dalam pemasaran produk sehingga seyogyanya Komunitas Rajut Malang memiliki akun jual beli online sehingga produk rajut dapat dipasarkan secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269882

Actions (login required)

View Item View Item