Pembuatan media pembelajaran video pola dasar konstruksi berbasis animasi papan tulis pada mata pelajaran pembuatan pola Kelas X Tata Busana SMKN 1 Batu / Maslahatul Amma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan media pembelajaran video pola dasar konstruksi berbasis animasi papan tulis pada mata pelajaran pembuatan pola Kelas X Tata Busana SMKN 1 Batu / Maslahatul Amma

Amma, Maslahatul (2022) Pembuatan media pembelajaran video pola dasar konstruksi berbasis animasi papan tulis pada mata pelajaran pembuatan pola Kelas X Tata Busana SMKN 1 Batu / Maslahatul Amma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tugas guru adalah menjadi pelaksana program pendidikan yang diharapkan dapat mengupayakan pencapaian keterampilan yang belum sepenuhnya dikuasai oleh sekolah. Dalam melaksanakan tugasnya media yang biasa dimanfaatkan oleh guru diantaranya seperti modul LKS (Lembar Kerja Siswa) slide PPT dan video animasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengajar kelas X pada tanggal 21 september 2020 pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Batu Jurusan Busana Butik mata pelajaran pembuatan pola belum sepenuhnya memanfaatkan Teknologi dalam proses belajar mengajarnya dan hanya menggunakan memanfatkan papan tulis contoh gambar pola dengan ukuran sesungguhnya yang dibuat menggunakan kertas serta media handout yang digunakan sebagai pedoman siswa belajar secara mandiri yang juga kurang inventif jika dilihat dari berkembangpesatnya ilmu pengetahuan dan inovasi yang terus berlangsung. Selain itu pada situasi pandemi seperti saat ini tidak memungkinkan adanya pembelajaran tatap muka di sekolah sehingga menuntut pelaksanaan pembelajaran secara online yang biasa disebut daring. Pada pembelajaran tersebut penyampaian dan penerimaan materi dari guru ke siswa sangat bergantung pada koneksi internet dan kemampuan masing-masing siswa dalam mencerna materi pelajaran. Untuk lebih mempermudah siswa menerima materi pelajaran maka penting adanya video sebagai media bagi siswa untuk belajar secara mandiri. Sparkol VideoScribe dipilih sebagai software dalam pembuatan video pembelajaran karena mempunyai keunggulan yaitu dapat membuat video presentasi dengan animasi tangan bergerak seolah menggambar di papan tulis langsung. Pembuatan presentasi video pembuatan pola dasar konstruksi dapat meningkatkan kretifitas dalam pembuatan isi media sehingga media tampak lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menerapkan penggunaan media pembelajaran video pola dasar dengan animasi papan tulis pada kelas X Tata Busana memiliki kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Pembuatan media ini memanfaatkan sifat penelitian R amp D dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Berdasarkan uji validasi ahli materi media pembelajaran video pola dasar konstruksi berbasis animasi papan tulis mendapatkan persentase 75% yang terkategori cukup layak sedangkan pada uji ahli validasi ahli media mendapatkan persentase 100% yang terkategori layak serta hasil uji coba yang telah dilakukan pada 30 responden siswa kelas X tata busana diketahui bahwa total skor empiris (Tse) adalah 1788 dari total skor maksimum (Tsh) sebesar 2280 sehingga persentase hasil untuk eksperimen lapangan adalah 78% yang masuk dalam kategori cukup layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269879

Actions (login required)

View Item View Item