Minat mahasiswa Kalimantan Selatan dalam pemakaian sasirangan di Kota Malang / Siti Salma - Repositori Universitas Negeri Malang

Minat mahasiswa Kalimantan Selatan dalam pemakaian sasirangan di Kota Malang / Siti Salma

Salma, Siti (2022) Minat mahasiswa Kalimantan Selatan dalam pemakaian sasirangan di Kota Malang / Siti Salma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat merupakan kecenderungan untuk memberikan perhatian dan tindak terhadap orang aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang (Shaleh amp Wahab 2009). Mahasiswa Kalimantan selatan yang berada di Kota Malang adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Kota Malang mereka tinggal diasrama yang disediakan pemerintah maupun menyewa tempat tinggal secara mandiri sedangkan sasirangan adalah suatu kain khas dari Kalimantan selatan. (Herlina amp Mentayani 2020) yang menyatakan bahwa pada zaman sekarang keberadaan kain Sasirangan sudah mulai terancam dan mulai kehilangan esensinya meski telah memiliki identitas dan ciri khas kain ini memiliki fase pasang surut dalam perjalanannya hingga sekarang sehingga berpengaruh pada naik turunnya minat pada kain sasirangan. Berkaitan dengan minat mahasiswa Kalimantan Selatan dalam pemakaian Sasirangan di Kota Malang maka peneleitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa Kalimantan Selatan dalam pemakaian Sasirangan di Kota Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriftif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 209 orang sampel penelitian metode purposive sampling dengan teknik sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan teknik korelasi product moment data yang diambil merupakan jawaban dari responden yang ada pada kuesioner. Analisis data menggunakan program bantuan SPSS dan windows excell. Kesimpulan dalam penelitian ini dari 2 sub variable internal dan eksternal dan 7 indikator yakni sub Internal (1) adanya perasaan ingin tahu (2) adanya perasaan suka senang dan tertarik (3) adanya condong memberikan perhatiamn (4) adanya dorongan (motivation) (5) adanya kekaguman dan sub eksternal (1) faktor lingkungan Keluarga (2) faktor lingkungan masyarakat. berdasarkan data distribusi hasil persentase 128 mahasiswa (1%) dapat di katakana bahwa minat mahasiswa Kalimantan Selatan di Kota Malang dalam pemakaian sasirangan berada dalam kategori sedang. Saran dari penulis adalah (1) untuk mahasiswa memiliki kesadaran timbal balik kepada pemerintah yang sudah menyediakan asrama daerah dengan ikut serta melestarikan sasirangan(2) membuat peraturan ketetapan untuk tinggal diasrama dengan mewajibkan memiliki Sasiranganakan mencintai sasirangan (3) peneliti selanjutnya bahan yang dijadikan populasi dan sampel yaitu seluruh mahasiswa Kalimantan Selatan yang berkuliah di Kota Malang tidak hanya yang tinggal diasrama daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269878

Actions (login required)

View Item View Item