Studi pengelolaan usaha busana modiste mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana / Nisrina Dzakiyah Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengelolaan usaha busana modiste mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana / Nisrina Dzakiyah Ramadhani

Ramadhani, Nisrina Dzakiyah (2022) Studi pengelolaan usaha busana modiste mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana / Nisrina Dzakiyah Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang yang memiliki usaha disamping berkuliah merupakan langkah yang lebih maju untuk melatih jiwa kewirausahaan sejak dini. Berdasarkan survei awal usaha busana yang paling banyak diminati adalah usaha busana modiste. Sebagai mahasiswa aktif yang memiliki usaha membuat mahasiswa memiliki dua konsentrasi yakni berkuliah dan berwirausaha sehingga diharapkan mahasiswa dapat melakukan kedua kegiatan tersebut dengan seimbang. Survei menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tantangan dalam menjalankan usaha sambil kuliah tantangan tersebut yaitu pembagian waktu kelengkapan alat produksi serta sumber daya manusia. Oleh sebab itu pemahaman mengenai pengelolaan usaha sangat diperlukan untuk mengetahui cara mengelola usaha sambil kuliah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan usaha busana modiste mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang yang ditinjau dari aspek pengelolaan waktu pengelolaan alat produksi dan pengelolaan sumber daya manusia sebagai penunjang kegiatan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 98 responden sebagai populasi penelitian dengan ketentuan 18 responden untuk diambil sampel uji coba serta 80 responden untuk sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar responden yaitu sebanyak 58% pada aspek pengelolaan waktu berada pada kategori baik (2) pada aspek pengelolaan alat produksi menunjukkan sebagian besar responden yaitu sebanyak 60% berada pada kategori baik serta (3) hampir seluruh responden pada aspek pengelolaan sumber daya manusia yaitu 88% berada pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebanyak 74% atau sebagian besar mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola usaha busana modiste berdasarkan ketiga aspek diatas. Kegiatan pengelolaan usaha dapat membantu mahasiswa untuk belajar mengenai bagaimana mengelola kegiatan dengan baik sehingga dapat menjalankan usaha sambil kuliah sekaligus tanpa harus mengorbankan salah satu kegiatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269874

Actions (login required)

View Item View Item