Studi tentang variasi mengajar mahasiswa KPL (kajian praktik lapangan) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Malang / Gusti Nur Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang variasi mengajar mahasiswa KPL (kajian praktik lapangan) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Malang / Gusti Nur Latifah

Latifah, Gusti Nur (2022) Studi tentang variasi mengajar mahasiswa KPL (kajian praktik lapangan) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Malang / Gusti Nur Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Variasi mengajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk mencegah kejenuhan atau kebosanan peserta didik agar menunjukkan antusiasme ketekunan dan penuh partisipasi dalam proses pembelajaran. Variasi mengajar terdiri dari tiga komponen antara lain variasi gaya mengajar variasi penggunaan media pembelajaran dan variasi pola interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi mengajar yang diterapkan oleh mahasiswa KPL Program Studi Tata Busana pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa KPL Program Studi Tata Busana di SMK Negeri 3 Malang yang terdiri dari sebelas orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut 1) variasi gaya mengajar terdiri dari enam aspek yaitu a) variasi penggunaan suara b) pemusatan perhatian c) variasi gerak dan mimik d) kontak pandang e) kesenyapan dan f) perpindahan posisi guru. Keenam aspek tersebut sudah diterapkan oleh sebagian besar mahasiswa dengan cara yang berbeda-beda pada saat praktik mengajar. Penerapan variasi gaya mengajar yang dilakukan mahasiswa membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami penjelasan materi ketika proses pembelajaran. Akan tetapi masih terdapat sebagian kecil mahasiswa KPL yang kurang maksimal dalam menerapkan keenam cara tersebut ketika praktik mengajar di kelas. 2) variasi media pembelajaran yang digunakan oleh mahasiswa KPL sudah bervariasi. Media pembelajaran sering yang digunakan yaitu media visual dan media audio visual. Media tersebut seperti powerpoint handout gambar atau desain ilustrasi fragmen dan contoh busana sehari-hari dan video. Media yang digunakan membuat siswa menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran dan memudahkan siswa untuk belajar. Akan tetapi suara pada video yang ditampilkan kurang terdengar dengan jelas pada bagian belakang kelas. 3) Variasi pola interaksi yang diterapkan oleh mahasiswa KPL juga sudah bervariasi. Variasi pola interaksi yang sering digunakan yaitu pola interaksi searah (guru-peserta didik) pola interaksi dua arah (guru-peserta didik-guru) dan pola interaksi tiga arah (guru-peserta didik-peserta didik). Pola interaksi yang diterapkan membuat siswa menjadi lebih aktif dan berani mengutarakan pendapat sehingga tidak hanya mahasiswa KPL saja yang mendominasi tetapi siswa ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) mahasiswa KPL sebelum melaksanakan tahap KPL II hendaknya berlatih dari video tentang cara mengajar melalui aplikasi Youtube dapat dilakukan dengan mengamati langsung bagaimana cara guru mata pelajaran di sekolah saat mengajar dan dengan mengikuti program yang terkait dengan mengajar 2) mahasiswa KPL hendaknya mempersiapkan dan memperhatikan penggunaan media pembelajaran dengan baik. Mahasiswa dapat menambahkan alat bantu suara seperti speaker ketika menayangkan video saat kegiatan praktik mengajar supaya isi dari video tersebut dapat tersampaikan dengan jelas kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269873

Actions (login required)

View Item View Item