Studi tentang busana pengantin adat Dayak Ngaju di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah / Vevy Gheany - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang busana pengantin adat Dayak Ngaju di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah / Vevy Gheany

Gheany, Vevy (2022) Studi tentang busana pengantin adat Dayak Ngaju di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah / Vevy Gheany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Busana pengantin adat Dayak Ngaju merupakan busana pengantin tradisional yang digunakan pada prosesi pernikahan adat atau pemenuhan hukum adat pernikahan Dayak Ngaju yang berasal dari provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk busana pengantin adat Dayak Ngaju makna simbol-simbol yang terkandung dalam busana pengantin adat Dayak Ngaju serta mengetahui eksistensi busana pengantin adat Dayak Ngaju di Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang hasilnya akan berupa deskripsi mengenai busana pengantin adat Dayak Ngaju. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kota Muara Teweh Kab. Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan data sumber data sekunder dengan responden penelitian yang terdiri dari perias pengantin pemrakarsa seminar pembakuan busana pengantin adat Kal-Teng dan mantir adat Dayak Ngaju di Kab. Barito Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk busana pengantin adat Dayak Ngaju yang sering digunakan saat ini merupakan bentuk yang telah mengalami modifikasi dari bentuk busana awal yang telah dibakukan. Busana pengantin adat Dayak Ngaju mengandung makna yang berhubungan dengan adat istiadat dan kepercayaan serta kebudayaan masyarakat Dayak khususnya etnis Dayak Ngaju. Makna-makna tersebut terkandung pada beberapa aksesoris maupun ragam hias yang terdapat pada busana pengantin tradisional Dayak Ngaju. Mengenai keberadaan atau eksistensi busana pengantin adat Dayak Ngaju di Kabupaten Barito Utara Busana tersebut masih digunakan oleh pasangan pengantin yang melaksanakan prosesi pemenuhan hukum adat pernikahan Dayak Ngaju yang biasa dilaksanakan sebelum upacara pernikahan. Mengenai busana pengantin adat Dayak di Kalimantan Tengah diharapkan masyarakat tetap melestarikan busana tersebut dan adanya pelaksanakan seminar-seminar busana pengantin Dayak Ngaju beserta karya-karya literatur atau referensi lengkap mengenai bentuk busana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269872

Actions (login required)

View Item View Item