Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot pada siswa penyandang disabilitas tunarungu di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) abidah course of fashion Kota Kediri / 'Ainul Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot pada siswa penyandang disabilitas tunarungu di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) abidah course of fashion Kota Kediri / 'Ainul Inayah

Inayah, 'ainul (2022) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot pada siswa penyandang disabilitas tunarungu di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) abidah course of fashion Kota Kediri / 'Ainul Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidakpastian ekonomi dewasa ini menuntut para penyandang disabilitas untuk mampu terjun ke dunia kerja secara mandiri dengan cara memanfaatkan keterampilan dan keahlian salah satunya di bidang menjahit. LKP Abidah Course of Fashion merupakan LKP yang memiliki kepedulian terhadap penyandang disabilitas tunarungu yang berkeinginan mempelajari keterampilan menjahit. Fokus dari penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot pada siswa penyandang disabilitas tunarungu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat empat komponen pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot yaitu 1) materi pembelajaran yang digunakan berupa buku pelajaran menjahit tingkat dasar yang berisi materi mengukur badan pembuatan pola rok dan pecah polanya pola lengan dan pecah polanya pola dasar wanita dan pola kulot. Namun materi pembuatan pola kulot tidak tercantum dalam modul 2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka inti dan penutup yang sebagian besar telah dilaksanakan sesuai RPP namun di kegiatan pembuka terdapat kegiatan yang dilaksanakan tidak tercantum dalam RPP dan kegiatan penutup terdapat kegiatan yang tidak dilaksanakan 3) metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah demonstrasi dan tanya jawab dengan cara komunikasinya menggunakan Bahasa Isyarat gestur tubuh dan oral dengan pengucapan/artikulasi yang jelas dan 4) media pembelajaran yang digunakan berupa papan tulis dan alat peraga (hasil jadi pola kulot dan hasil jadi kulot) yang membantu siswa tunarungu memahami materi namun alangkah lebih baik menggunakan media yang lebih interaktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola kulot di LKP Abidah Course of Fashion mencakup empat komponen yaitu materi pembelajaran pelaksanaan pembelajaran (kegiatan pembuka inti dan penutup) metode pembelajaran media pembelajaran. Peneliti mengharapkan supaya 1) keseluruhan materi pembelajaran tercantum dalam buku pelajaran menjahit sebagai panduan siswa 2) melengkapi kegiatan pembuka dalam pelaksanaan pembelajaran yang tersusun dalam RPP sesuai dengan indikator yang tercantum dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 3) instruktur melaksanakan setiap kegiatan penutup dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP dimana instruktur harus membuat kesimpulan dan memberikan pesan dan motivasi serta doa penutup dan 4) menggunakan media yang lebih menarik seperti berupa video interaktif pembuatan pola kulot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269864

Actions (login required)

View Item View Item