Analisis kimia dan sifat fisik teh herbal daun nangka (artocarpus heterophyllus) dan rempah / Eka Ayu Mentari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kimia dan sifat fisik teh herbal daun nangka (artocarpus heterophyllus) dan rempah / Eka Ayu Mentari Putri

Putri, Eka Ayu Mentari (2022) Analisis kimia dan sifat fisik teh herbal daun nangka (artocarpus heterophyllus) dan rempah / Eka Ayu Mentari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teh herbal daun nangka dan rempah adalah minuman olahan dari daun nangka dan rempah yang berpotensi menjadi minuman fungsional karena terbuat dari bahan dasar yang diketahui mengandung senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan dapat berperan mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Daun nangka sebagai bahan dasar utama pembuatan minuman ini mengandung tanin yang juga memiliki sifat antioksidan. Sebagai produk inovasi teh herbal daun nangka dan rempah sebelum dipasarkan perlu diuji secara laboratoris untuk memastikan kandungan kimia dan sifat fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat kimia dan sifat fisik pada teh herbal daun nangka dan rempah dengan perbandingan daun nangka dibanding rempah 7 1 6 2 dan 5 3. Metode penelitian ini ialah eksperimen dengan menggunakan RAL terdapat tiga perlakuan dengan dua pengulangan. Data dianalisi menggunaka One Way ANOVA dan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan teh herbal dengan kapasitas antioksidan terkuat yaitu 60 381 ppm pada perbandingan 5 3 kadar tanin tertinggi 520 563 mg/l pada perbandingan 7 1 kadar saponin tertinggi 62 590 mg/l dan kadar flavonoid tertinggi 2906 793 mg/l pada perbandingan 7 1. Hasil penelitian sifat fisik warna tertinggi yaitu nilai kecerahan (L) 48 880 pada perbandingan 7 1 nilai kemerahan (a ) 22 210 pada perbandingan 5 3 nilai kekuningan (b ) 42 510 pada perbandingan 7 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269812

Actions (login required)

View Item View Item