Interaksi penerapan pbl hybrid dan pbl berbasis steam dengan tingkat keaktifan terhadap pemahaman konsep dasar-dasar listrik pada siswa kelas x titl di smkn 1 kota kediri / Miftahul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi penerapan pbl hybrid dan pbl berbasis steam dengan tingkat keaktifan terhadap pemahaman konsep dasar-dasar listrik pada siswa kelas x titl di smkn 1 kota kediri / Miftahul Jannah

Jannah, Miftahul Jannah (2022) Interaksi penerapan pbl hybrid dan pbl berbasis steam dengan tingkat keaktifan terhadap pemahaman konsep dasar-dasar listrik pada siswa kelas x titl di smkn 1 kota kediri / Miftahul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Miftahul. 2022. Interaksi Penerapan PBL Hybrid dan PBL Berbasis STEAM dengan Tingkat Keaktifan Terhadap Pemahaman Konsep Dasar-dasar Listrik pada Siswa Kelas X TITL di SMKN 1 Kota Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (II) Arya Kusumawardana S.Pd. M.T. Kata kunci Keaktifan Problem Based Hybrid Learning Problem Based Learning berbasis STEAM Pemahaman Konsep. Pemahaman konsep merupakan tahapan penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran dapat berpengaruh pada pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengungkap adanya interaksi tingkat keaktifan terhadap pemahaman konsep dengan penerapan dua model pembelajaran yang berbeda (2) mengungkap signifikansi perbedaan pemahaman konsep antar kelas keaktifan dengan penerapan dua model pembelajaran yang berbeda dan (3) mengetahui perbedaan pemahaman konsep yang paling signifikan antara kelas dengan keaktifan tinggi dan keaktifan rendah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Hybrid Learning dan Problem Based Learning berbasis STEAM. Rancangan penelitian menggunakan penelitian true experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa program keahlian TITL di SMKN 1 Kota Kediri. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X TITL 2 sebanyak 34 siswa dan siswa kelas X TITL 3 sebanyak 34 siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelas keaktifan tinggi dan keaktifan rendah dengan penerapan PBL Hybrid berbasis STEAM mendapatkan kategori rata-rata paham konsep pemahaman konsep kelas keaktifan tinggi dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEAM mendapatkan kategori rata-rata paham konsep dan pemahaman konsep kelas keaktifan tinggi dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEAM mendapatkan kategori rata-rata tidak paham konsep. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pemahaman konsep kelas keaktifan tinggi dengan penerapan PBL Hybrid berbasis STEAM mendapatkan rata-rata hasil yang paling tinggi dan hasil pemahaman konsep kelas keaktifan rendah dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEAM mendapatkan rata-rata hasil yang paling rendah. (2) ada interaksi tingkat keaktifan terhadap pemahaman konsep dengan penerapan PBL Hybrid dan PBL berbasis STEAM. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antar kelas keaktifan dengan penerapan PBL Hybrid dan PBL berbasis STEAM. (4) terdapat perbedaan pemahaman konsep kelas keaktifan dengan penerapan PBL Hybrid dan PBL berbasis STEAM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269745

Actions (login required)

View Item View Item