Pengembangan modul pembelajaran dasar listrik dan elektronika berbantuan software everycircuit berbasis project based learning untuk siswa kelas x teknik elektronika industri di SMK / Diego Vicky Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran dasar listrik dan elektronika berbantuan software everycircuit berbasis project based learning untuk siswa kelas x teknik elektronika industri di SMK / Diego Vicky Ardiansyah

Ardiansyah, Diego Vicky (2022) Pengembangan modul pembelajaran dasar listrik dan elektronika berbantuan software everycircuit berbasis project based learning untuk siswa kelas x teknik elektronika industri di SMK / Diego Vicky Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dasar listrik elektronika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kepanjen. Siswa dituntut untuk memahami dan mempelajari cara kerja sebuah komponen dan rangkaian elektronika pada mata pelajaran dasar listrik elektronika tetapi pada proses pembelajaran baik di sekolah atapun di rumah siswa masih tetap masih belum dapat memahami cara kerja sebuah komponen dan rangkaian elektronika yang disebabkan keterbatasan media yang dimiliki oleh siswa. Seperti laptop yang digunakan sebagai media pembelajaran simulasi maka diperlukannya inovasi dengan membuat modul pembelajaran dasar listrik elektronika berbantuan software everycircuit berbasis project based learning. EveryCircuit merupakan sebuah aplikasi simulasi elektronika yang dapat dijalankan melalui media smartphone dimana hampir semua siswa mempunyai smartphone. Produk dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi yaitu terdapat 11 tahapan diantaranya (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) pembuatan produk (5) validasi produk (6) revisi produk (7) ujicoba produk (8) revisi produk (9) ujicoba pemakaian (10) revisi produk dan (11) laporan dan analisis. Hasil dari pengembangan ini adalah modul berupa hardcopy yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Dengan adanya penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menguji tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang dikembangkan sangat valid dengan presentase rata-rata semua hasil pengujian sebesar 93 05%. Di mana hasil validitas ahli 1 sebesar 96 5% dengan kategori sangat valid validitas ahli 2 sebesar 92 75% dengan kategori sangat valid validitas ahli 3 sebesar 98% dengan kategori sangat valid uji coba kelompok kecil sebesar 88% dengan kategori sangat valid dan uji coba kelompok besar sebesar 90% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 08:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269743

Actions (login required)

View Item View Item