Pengembangan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model pembelajaran challenge based learning untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas x teknik mekatronika smkn 2 singosari / Ria Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model pembelajaran challenge based learning untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas x teknik mekatronika smkn 2 singosari / Ria Rahmawati

Rahmawati, Ria Rahmawati (2022) Pengembangan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model pembelajaran challenge based learning untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas x teknik mekatronika smkn 2 singosari / Ria Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 464/D.D5/KR/2018 mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler adalah salah satu mata pelajaran dasar kompetensi keahlian Teknik Mekatronika yang mempelajari tentang sistem kendali berbasis mikrokontroler. Dalam mata pelajaran ini diharapkan siswa mengidentifikasi hingga merancang sebuah sistem kendali berbasis mikrokontroler. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan guru pengampu mata pelajaran didapatkan informasi bahwa bahan ajar yang digunakan belum dibuat secara terstruktur dan terperinci sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep materi yang dipelajari. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pengembangan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model pembelajaran Challenge Based Learning yang dapat memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler dengan baik. Pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model Challenge Based Learning mengetahui tingkat kelayakan modul dan menerapkan modul tutorial teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler bermuatan model Challenge Based Learning untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler pada siswa kelas X Teknik Mekatronika. Modul tutorial dikembangkan menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Tahapan pengembangannya yaitu 1) tahap analisis kebutuhan 2) tahap pengembangan 3) tahap uji coba formatif dan 4) tahap uji coba sumatif. Modul tutorial teknik pemrograman mirkoprosesor dan mikrokontroler bermuatan model pembelajaran Challenge Based Learning) untuk memahamkan konsep pemrograman mikrokontroler dinyatakan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi materi sebesar 92 28% dengan kategori sangat valid validasi media sebesar 94 72% dengan kategori sangat valid uji coba kelompok kecil sebesar 88 54% dengan kategori sangat valid dan uji coba lapangan sebesar 83 79% dengan kategori sangat valid. Tingkat ketuntasan dan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan modul semakin meningkat dengan rata-rata 72% siswa dinyatakan paham konsep dengan baik 17% siswa dinyatakan tidak paham konsep dan 11% siswa dinyatakan miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269740

Actions (login required)

View Item View Item