Pengembangan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik program keahlian TEI kelas XII SMKN 2 Singosari Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik program keahlian TEI kelas XII SMKN 2 Singosari Malang

N, Muhammad Ganni (2022) Pengembangan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik program keahlian TEI kelas XII SMKN 2 Singosari Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi baru perlu diterapkan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar SMK untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia di era persaingan teknologi saat ini. Salah satu faktor yang dapat menunjang kualitas hasil belajar siswa adalah tersedianya media dan sarana untuk proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk (1) mengembangkan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik program keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Singosari Malang (2) mengembangkan jobsheet dan panduan penggunaan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel (3) menganalisis tingkat kelayakan jobsheet panduan penggunaan dan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel pada mata pelajaran pengendali sistem robotik program keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Singosari Malang. Pengembangan trainer ini terdiri dari beberapa modul yaitu modul konveyor dan modul robot delta paralel. Pengembangan trainer ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi sistem robot MPS (Modular Production System) yang terdapat pada mata pelajaran pengendali sistem robotik. Model penelitian pengembangan adalah model proses atau model deskriptif dan tahap selanjutnya menguraikan langkah-langkah pengembangan meliputi (1) potensi serta masalah (2) pengumpulan dari data (3) rancangan produk (4) validasi desain (5) perbaikan desain (6) uji coba dari produk (7) perbaikan produk (8) uji coba di pemakaian (9) perbaikan produk (10) pembuatan produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan alat praga pembelajaran berupa trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel pada mata pelajaran pengendali sistem robotik untuk siswa SMKN 2 Singosari Malang dan bahan ajar berupa jobsheet beserta panduan penggunaan trainer pengemasan barang otomatis dengan robot delta paralel. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini memperoleh kriteria sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari validitas materi diperoleh kelayakan sebesar 91.6% validitas media diperoleh persentase kelayakan sebesar 88.09% uji coba produk diperoleh persentase kelayakan sebesar 94.68%. Jika seluruh persentase dirata-rata maka persentase kelayakan yang diperoleh sebesar 91.73% dengan kata lain bahwa tingkat kelayakan produk yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269739

Actions (login required)

View Item View Item