Pengembangan bahan ajar game quiz education berbasis android pada materi hukum-hukum dalam rangkaian listrik untuk kelas x titl / Nabilla Fatimah Azzahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar game quiz education berbasis android pada materi hukum-hukum dalam rangkaian listrik untuk kelas x titl / Nabilla Fatimah Azzahra

Azzahra, Nabilla Fatimah (2022) Pengembangan bahan ajar game quiz education berbasis android pada materi hukum-hukum dalam rangkaian listrik untuk kelas x titl / Nabilla Fatimah Azzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

LCD proyektor dan smartphone merupakan contoh dari hasil perkembangan teknologi saat ini yang sudah biasa digunakan untuk menyalurkan bahan ajar saat proses pembelajaran. Dari adanya contoh perkembangan teknologi saat ini maka menuntut para guru untuk dapat menghasilkan bahan ajar yang lebih inovatif untuk digunakan dalam kelas. Berdasarkan observasi di SMK Turen didapatkan hasil bahwa bahan ajar masih berupa hard copy modul yang berisi tentang penjelasan materi dan gambar tanpa dilengkapi alat evaluasi seperti soal latihan. Penggunaan bahan ajar tersebut juga berlaku pada mata pelajaran dasar kelistrikan yang didalamnya terdapat materi tentang hukum-hukum rangkaian listrik dan kebanyakan siswa mengantuk saat dijelaskan materi tersebut. Sehingga dilakukan pengembangan bahan ajar game quiz education berbasis android yang dapat diakses dengan fleksibel meskipun tidak terhubung dengan internet. Salah satu tujuan dari pengembangan bahan ajar ini yaitu agar dapat menambah semangat serta keaktifan dari siswa dalam mempelajari materi tentang hukum-hukum kelistrikan. Dalam proses pengembangan bahan ajar game quiz ini dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze Design Development Implementation dan Evaluate. Dari 5 tahapan tersebut juga terdapat 21 langkah didalamnya yang perlu dilalui agar didapatkan bahan ajar yang layak digunakan untuk menambah semangat belajar serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Setelah didapatkan hasil pengembangan maka dilakukan uji validitas terhadap 2 ahli yang didapatkan persentase sebesar 99% dari ahli 1 dan 94% dari ahli 2 selain itu juga dilakukan uji kelayakan terhadap 45 siswa sehingga didapatkan persentase 87%. Selanjutnya juga dilakukan implementasi penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa sehingga didapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan layak dan valid digunakan dalam rangka meningkatkan semangat serta keaktifan siswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269738

Actions (login required)

View Item View Item