Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) menggunakan aplikasi discord terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 2 Probolinggo / Fitra Ahmad Fahrezi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) menggunakan aplikasi discord terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 2 Probolinggo / Fitra Ahmad Fahrezi

Fahrezi, Fitra Ahmad (2022) Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) menggunakan aplikasi discord terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 2 Probolinggo / Fitra Ahmad Fahrezi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrezi Fitra Ahmad. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Menggunakan Aplikasi Discord terhadap Peningkatan Kemampuan Public Speaking Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Student Facilitator and Explaining Discord Public Speaking Pendidikan membantu mengembangkan semua keterampilan manusia karakter dan pembentukan karakter. Penelitian ini bermaksud guna mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining menggunakan aplikasi Discord untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum siswa dan untuk memberikan informasi dan referensi kepada calon guru tentang cara menerapkan pembelajaran menurut tahun 2013. mampu menyediakan Versi revisi dapat memberikan kurikulum. Student Fasilitator and Explaining bertujuan untuk membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri dan siswa diharapkan lebih proaktif. Untuk mengoptimalkan waktu proses pembelajaran model pembelajaran Student Facilitator and Explaining didukung menggunakan aplikasi Discord. Pada enelitian ini menggunakan pendekatan atau metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kondisi sebenarnya dari situasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah survei perilaku kelas atau classroom behavioral surveys. Penelitian mengikuti desain penelitian model Hopkins yang dimulai dengan pra-perilaku dan berlanjut ke perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Rencana studi dilaksanakan dalam dua siklus. Survei dilakukan di SMKN 2 Probolinggo. Seluruh peserta ujian adalah mahasiswa kelas X Jurusan Teknik Peralatan Tenaga Listrik. Subyek penelitian dipilih dengan target random sampling. Penentuan sampel secara acak didasarkan pada tujuan dan pertanyaan penelitian. Tahap analisis data meliputi 1) reduksi data 2) Representasi data menggunakan rumus persentase yang mudah dipahami. 3) Menarik kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi siswa pada kelas dasar kelistrikan dan elektronika mengalami peningkatan. Public speaking siswa meningkat rata-rata 14 8% pada siklus I dan 22 4% pada siklus II. Kami dapat menerima hipotesis yang diajukan karena kami dapat menyimpulkan bahwa hal itu meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum siswa yang diajar di Student Fasilitator dan menjelaskan model pembelajaran dalam aplikasi Discord.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269733

Actions (login required)

View Item View Item