Hubungan wawasan dunia kerja dan kemampuan berpikir kritis dengan kesiapan memasuki kerja abad 21 siswa Kelas 12 kompetensi keahlian teknik otomasi industri di Kabupaten Malang / Mochamad Chalvin Yulian Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan wawasan dunia kerja dan kemampuan berpikir kritis dengan kesiapan memasuki kerja abad 21 siswa Kelas 12 kompetensi keahlian teknik otomasi industri di Kabupaten Malang / Mochamad Chalvin Yulian Pratama

Pratama, Mochamad Chalvin Yulian Pratama (2022) Hubungan wawasan dunia kerja dan kemampuan berpikir kritis dengan kesiapan memasuki kerja abad 21 siswa Kelas 12 kompetensi keahlian teknik otomasi industri di Kabupaten Malang / Mochamad Chalvin Yulian Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 ditandai dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga sinergi keduanya berkembang semakin pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak besar pada dunia kerja dimana siswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang diperlukan dunia kerja. Sebagai tenaga kerja yang ahli siswa harus mampu berpikir kritis dan memiliki wawasan dunia kerja yang luas. Bekal yang dimiliki siswa selain merencanakan kesiapan memasuki dunia kerja abad 21 yaitu membangun wawasan. Kesiapan memasuki dunia kerja abad 21 siswa di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu wawasan dunia kerja dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan Kesiapan Memasuki Dunia kerja Abad 21 (Y) (2) mendeskripsikan Wawasan Dunia Kerja (X1) (3) mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Kritis (X2) (4) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (Y) (5) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X2) dan (Y) (6) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 135 responden yang berstatus sebagai siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TOI di di Kabupaten Malang yang telah melakukan prakerin. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 X2 Y berupa angket yang menggunakan skala Likert 4. Variabel X1 X2 Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0.942 0.952 dan 0.942. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian diketahui (1) wawasan dunia kerja pada kategori tinggi (2) kemampuan berpikir kritis pada kategori tinggi (3) kesiapan memasuki dunia kerja abad 21 pada kategori tinggi (4) koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0 341 dan taraf signifikansi 0 000 (5) koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesr 0 447 dan taraf signifikansi 0 000 (6) koefisien korelasi simultan X1 dengan Y sebesar 0 618 dan taraf signifikansi 0 000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TOI di Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269729

Actions (login required)

View Item View Item