Perbedaan pemahaman konsep instalasi penerangan listrik antara model pembelajaran ecirr dengan model pembelajaran ekspositori dipadu metode scaffolding pada XII TITL SMKN 1 Singosari / Muhammad Riadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemahaman konsep instalasi penerangan listrik antara model pembelajaran ecirr dengan model pembelajaran ekspositori dipadu metode scaffolding pada XII TITL SMKN 1 Singosari / Muhammad Riadi

Riadi, Muhammad (2022) Perbedaan pemahaman konsep instalasi penerangan listrik antara model pembelajaran ecirr dengan model pembelajaran ekspositori dipadu metode scaffolding pada XII TITL SMKN 1 Singosari / Muhammad Riadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riadi Muhammad. 2022 Perbedaan Pemahaman Konsep Instalasi Penerangan Listrik Antara Model Pembelajaran ECIRR dengan Model Pembelajaran Ekspositori Dipadu Metode Scaffolding pada XII TITL SMKN 1 Singosari. Kata Kunci Pemahanan Konsep Model pembelajaran ECIRR Model pembelajaran Ekspositori Metode Scaffolding Kemampuan pemahaman konsep untuk mengerti tentang konsep ide atau pemahaman instalasi penerangan listrik oleh siswa menjelaskan ke dalam pemahaman yang logis dengan bahasa yang dipahaminya berdasarkan kemampuan berfikir bertindak dan bersikap. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep siswa XII TITL dengan model pembelajaran ECIRR dipadu metode scaffolding (2) mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep siswa XII TITL dengan model pembelajaran Ekspositori dipadu metode scaffolding (3) melihat signifikansi perbedaan pemahaman konsep siswa XII TITL terhadap pengaruh kedua model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan control grup pretest and posttest design. Populasi yang digunakan siswa kelas XII TITL SMKN 1 Singosari. Sample yang digunakan pada penelitian ini yaitu terdapat dua kelas XII TITL masing-masing berjumlah 36. Jenis penelitian ini untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan kesamaan rata-rata kedua kelas dengan pengukuran menggunakan pretest sedangkan Posttest untuk melihat ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian ini yaitu (1) peningkatan pemahaman konsep dari 14.86% menjadi 87.78% setelah diberi perlakuan model pembelajaran ECIRR (2) peningkatan pemahaman konsep dari 13.33% menjadi 83.98% setelah diberi perlakuan model pembelajaran Ekspositori (3) terdapat perbedaan pemahaman konsep dari pegaruh model pembelajaran.Kesimpulan penelitian ini adalah perlakuan kedua model pembelajaran memiliki perbedaan yang signifikan pada tingkat pemahaman konses siswa. Saran kepada penelitian selanjutnya adalah penerapan model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran Ekspositori dipadu metode scaffolding dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269728

Actions (login required)

View Item View Item