Perbedaan hasil belajar kognitif motor listrik karena pengaruh penerapan model air dipadu strategy PQ4R dibandingkan dengan model pembelajaran problem posing dipadu strategy PQ4R pada siswa Kelas X pembangkit listrik SMK PGRI 3 Malang / Wahid Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kognitif motor listrik karena pengaruh penerapan model air dipadu strategy PQ4R dibandingkan dengan model pembelajaran problem posing dipadu strategy PQ4R pada siswa Kelas X pembangkit listrik SMK PGRI 3 Malang / Wahid Prasetyo

Prasetyo, Wahid (2022) Perbedaan hasil belajar kognitif motor listrik karena pengaruh penerapan model air dipadu strategy PQ4R dibandingkan dengan model pembelajaran problem posing dipadu strategy PQ4R pada siswa Kelas X pembangkit listrik SMK PGRI 3 Malang / Wahid Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan kemampuan siswa dalam mempelajari konsep di sekolah yang dinyatakan dalam skor melalui skor dari hasil tes. Dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar kognitif mata pelajaran Motor Listrik yang telah diberikan menggunakan model pembelajaran AIR dipadu strategy PQ4R siswa kelas X Pembangkit Listrik di SMK PGRI 3 Malang. (2) Mendeskripsikan hasil belajar kognitif mata pelajaran Motor Listrik yang telah diberikan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dipadu strategy PQ4R siswa kelas X Pembangkit Listrik di SMK PGRI 3 Malang. (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Motor Listrik pada kelas B yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran AIR dipadu strategy PQ4R dibandingkan kelas D yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dipadu Strategy PQ4R pada siswa kelas X Pembangkit Listrik di SMK PGRI 3 Malang. Rancangan Penelitian ini merupakan Pretest dan Posttest. Populasi did amalam penelitian ini merupakan siswa kelas X Pembangkit SMK PGRI 3 Malang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Pembangkit B sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas X Pembangkit D sebagai kelas eksperimen 2. Dalam tiap populasi kelas memiliki 36 sampel pada masing-masing kelas eksperimen. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan melihat kesamaan rata-rata kedua kelas eksperimen sedangkan Posttest digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman setelah diberikan perlakuan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kelas eksperimen 1 yang diberikan model Auditory Intellectually Repetition dipadu strategy PQ4R diperoleh hasil dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 75 dengan rata-rata nilai 90 dimana hasil tersebut seluruh siswa telah mencapai ketuntasan. (2) Kelas eksperimen 2 yang diberikan model Problem Posing dipadu strategy PQ4R diperoleh hasil dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 70 dengan rata-rata nilai 85 41 dimana ada 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar yang di berikan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif kelas eksperimen 1 karena perlakuan Auditory Intellectually Repetition dipadu strategy PQ4R dibandingkan kelas eksperimen 2 karena perlakuan Problem Posing dipadu strategy PQ4R.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269727

Actions (login required)

View Item View Item