Pengaruh model discovery learning dan direct learning pada pelaksanaan blended learning di tengah pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X teknik elektronika industri Smk Negeri 1 Kepanjen / Intan Khatulistiwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning dan direct learning pada pelaksanaan blended learning di tengah pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X teknik elektronika industri Smk Negeri 1 Kepanjen / Intan Khatulistiwa

Khatulistiwa, Intan (2022) Pengaruh model discovery learning dan direct learning pada pelaksanaan blended learning di tengah pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler siswa kelas X teknik elektronika industri Smk Negeri 1 Kepanjen / Intan Khatulistiwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang hanya mencapai 40%. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pembelajaran Blended Learning dengan menerapkan model Discovery Learning dipilih karena merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi belajar secara Blended Learning yang diterapkan di SMK Negeri 1 Kepanjen saat ini. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan nilai hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Discovery Learning dan Direct Learning pada Blended Learning (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Discovery Learning dibandingkan penerapan model Direct Learning pada Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Discovery Learning dimana nilai signifikansi 2 arah atau Sig. (2-tailed) 0 040 lt 0 050 pada taraf signifikansi 5% yang berarti Ha diterima. Sedangkan besarnya pengaruh penerapan model Discovery Learning dibandingkan Direct Learning pada Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik adalah 68% kategori sedang sesuai dengan tabel interpretasi Cohen rsquo s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 07:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269724

Actions (login required)

View Item View Item