Pengembangan bahan ajar sistem kontrol elektropneumatik berbasis android untuk SMK Kelas XI Toi / Abdur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sistem kontrol elektropneumatik berbasis android untuk SMK Kelas XI Toi / Abdur Rohman

Rohman, Abdur (2022) Pengembangan bahan ajar sistem kontrol elektropneumatik berbasis android untuk SMK Kelas XI Toi / Abdur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan penunjang untuk penyampaian materi pelajaran dalam proses belajar mengajar. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat termasuk teknologi smartphone yang hampir semua siswa memiliki. Dengan penggunaan teknologi berbasis android pembelajaran tidak akan monoton dengan teks saja tetapi bisa memuat unsur unsur audio atau visual . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar sistem kontrol elektro pneumatik berbasis Android untuk SMK kelas XI TOI (2) mengetahui kelayakan bahan ajar sistem kontrol elektropneumatik berbasis Android ditinjau dari ahli (3) mengetahui kelayakan bahan ajar sistem kontrol elektropneumatik berbasis Android ditinjau dari pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model Sugiyono yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan peniliti dan menambah tahap pembuatan produk yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Pembuatan Produk (5) Validasi Produk (6) Revisi Produk (7) Uji Coba Produk (8) Revisi Produk (9) Uji Coba Pemakaian (10) Revisi Produk (11) Produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data presentase pada data kuantitatif dan teknik analiss deskriptif kualitatif pada data kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket terhadap ahli dan uji coba responden diperoleh tingkat kelayakan sebagai berikut (1) ahli 1 98 2% (2) ahli 2 93 9% (3) ahli 3 92 2% (4) kelompok kecil 82 1% (5) kelompok besar 87 9%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269718

Actions (login required)

View Item View Item