Hubungan antara self concept dan vocational skill dengan adapatasi dunia kerja pasa siswa kelas xii progran keahlian titl di smkn 3 boyolangu / Wegga Octafinanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self concept dan vocational skill dengan adapatasi dunia kerja pasa siswa kelas xii progran keahlian titl di smkn 3 boyolangu / Wegga Octafinanda

Octafinanda, Wegga (2022) Hubungan antara self concept dan vocational skill dengan adapatasi dunia kerja pasa siswa kelas xii progran keahlian titl di smkn 3 boyolangu / Wegga Octafinanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Finanda W. O. 2020. Hubungan Antara Self Concept dan Vocational Skill dengan Adaptasi Dunia Kerja pada Siswa Program Keahlian TITL Kelas XII Di SMKN 3 Boyolangu. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (2) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci self concept vocational skill adaptasi dunia kerja Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai sekolah yang bertanggung jawab mendidik siswa menjadi lulusan terampil dan berkompeten suatu bidang keahlian tertentu berdasarkan UU RI No. 20 Tahun 2003. Perubahan dari dunia sekolah ke dunia kerja menjadi tantangan bagi siswa SMK. Siswa perlu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri di dunia kerja agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja. Memahami diri sendiri atau self concept berdasarkan vocational skill semasa sekolah sebagai titik acuan pemahaman diri yang nantinya sebagai pendukung adaptasi dunia kerja sesuai harapan dan kemampuan. Dilakukan penelitian dengan tujuan mendiskripsikan tentang tingkat self concept (X1) vocational skill (X2) kemampuan adaptasi dunia kerja (Y) mengungkap signifikansi hubungan X1 dengan Y mengungkap signifikansi hubungan X2 dengan Y serta mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 dengan Y. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian meliputi siswa kelas XII jurusan program keahlian TITL di SMKN 3 Boyolangu berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan maksud memperoleh hasil tingkat kesalahan yang kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tingkat reliabilitas variabel X1 0 875 X2 0 936 dan Y 0 906. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hipotesis parsial dan simultan (model analisis regresi linier berganda) berbantuan software SPSS. Pengambilan keputusan dilakukan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pada siswa Program Keahlian TITL Kelas XII di SMKN 3 Boyolangu tingkat variabel X1 dikategorikan sangat tinggi dengan nilai rerata 68 16. Tingkat variabel X2 dikategorikan tinggi dengan nilai rerata 76 84. Tingkat variabel Y dikategorikan sangat tinggi dengan nilai rerata 81 63. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat untuk sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 34% dan sumbangan relatif X2 terhadap Y sebesar 66%. Sumbangan efektif X1 yaitu 16 9 % dan sumbangan efektif X2 yaitu 32 4 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 terhadap Y X2 terhadap Y serta X1 dan X2 secara simultan terhadap Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269703

Actions (login required)

View Item View Item