Pengembangan digital learning dengan knowledge and skill achievement system sebagai media persiapan pelaksanaan praktikum generator ac pada mata kuliah mesin-mesin listrik jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizki Alviyansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan digital learning dengan knowledge and skill achievement system sebagai media persiapan pelaksanaan praktikum generator ac pada mata kuliah mesin-mesin listrik jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizki Alviyansyah

Alviyansyah, Rizki (2022) Pengembangan digital learning dengan knowledge and skill achievement system sebagai media persiapan pelaksanaan praktikum generator ac pada mata kuliah mesin-mesin listrik jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Rizki Alviyansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Digital Learning merupakan media ajar yang dikembangkan dengan tujuan merancang membuat media ajar untuk dilakukan pengujian kelayakan terhadap media ajar Digital Learning berbasis animasi sebagai media persiapan pelaksanaan praktikum generator ac. Media ajar ini akan dimanfaatkan sebagai media persiapan mata kuliah Mesin-Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam pengembangan media digital learning merupakan metode dengan mengandalkan knowledge and skill achievement sebagai tolok ukur kelayakan mahasiswa. Tolok ukur kelayakan ini akan menjadi prasyarat mahasiswa sebelum melaksanakan praktikum pengujian karakteristik generator AC beban nol dan berbeban. Achivement yang didapatkan dari knowledge and skill tes akan dikemas dalam pernyataan melalui sertifikat digital sebagai bukti kelayakan. Model pengembangan yang akan digunakan merupakan model pengembangan Sugiyono dengan tahap-tahap sebagai berikut (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba skala besar (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Hasil dari tahap pengembangan ini adalah Digital Learning berbasis animasi yang telah divalidasi oleh ahli dan diujicobakan kepada mahasiswa selaku responden. Kevalidan Digital Learning oleh validator sebesar 88 75% (sangat valid) kevalidan Digital Learning dari uji coba produk skala kecil kepada 10 orang mahasiswa adalah sebesar 84.51% (cukup valid) dan kevalidan Digital Learning dari uji coba skala besar kepada 70 orang mahasiswa adalah sebesar 87 41% (sangat valid). Berdasarkan skor yang didapatkan diatas dapat disimpulkan bahwa Digital Learning yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Mesin-Mesin Listrik sebagai media pembelajaran persiapan pelaksanaan praktikum .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269697

Actions (login required)

View Item View Item