Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning pada materi instalasi tenaga listrik untuk meningkatkan hasil belajar selama pkl siswa Kelas XI SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian titl / Silviana Wanda Fentia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning pada materi instalasi tenaga listrik untuk meningkatkan hasil belajar selama pkl siswa Kelas XI SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian titl / Silviana Wanda Fentia

Fentia, Silviana Wanda (2022) Pengembangan sumber belajar berbasis mobile learning pada materi instalasi tenaga listrik untuk meningkatkan hasil belajar selama pkl siswa Kelas XI SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian titl / Silviana Wanda Fentia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di era revolusi industri 4.0 saat ini menekankan agar siswa melakukan pembelajaran mandiri dan menciptakan inovasi digitalisasi yang dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya jenjang pendidikan SMK dimana siswa SMK disiapkan untuk memasuki dunia kerja. Sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran di SMK kurikulum SMK memiliki program Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL dilaksanakan selama 6 s.d 10 bulan pada kelas XI untuk program 3 tahun dan kelas XII untuk program 4 tahun. Terkait pelaksanaan PKL selama satu semester maka pembelajaran dilakukan secara mandiri dan materi disampaikan via daring. Ketika siswa SMKN 3 Boyolangu Program Keahlian TITL melaksanakan pembelajaran mandiri pada saat PKL menunjukkan adanya kendala. Permasalahan yang terjadi guru kesulitan dalam membuat alat peraga atau media pembelajaran dan implementasi contoh dalam bentuk visual kepada siswa sehingga banyak siswa yang nilainya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan sumber belajar berbasis mobile learning pada materi instalasi tenaga listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Pada uji coba lapangan kelompok kecil melibatkan 6 responden dari kelas XI TIT 3 ketika dilakukan uji coba kelompok besar melibatkan 32 responden dari kelas XI TIT 3. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes tulis. Instrumen angket ditujukan untuk ahli media ahli pembelajaran guru Program Keahlian TITL di SMKN 3 Boyolangu dan 38 siswa kelas XI Program Keahlian TITL di SMKN 3 Boyolangu sedangkan instrumen tes tulis yang diberikan kepada siswa yang nantinya dapat dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian dan pengembangan pada produk sumber belajar didapatkan hasil bahwa sumber belajar mendapat predikat sangat layak digunakan untuk sarana pembelajaran mandiri selama siswa PKL dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase kelayakan dari ketiga ahli media dan pembelajaran sebesar 94 92%. Ketika uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase kelayakan sebesar 92 91%. Pada uji coba kelompok besar didapatkan hasil persentase kelayakan sebesar 93 51%. Selanjutnya pada hasil tes tulis terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut diketahui dari dua kali uji tes tulis dengan hasil perbandingan persentase ketuntasan belajar siswa pada uji coba kelompok kecil pada materi ITL Satu Fasa mengalami kenaikan sebesar 33 33% materi Gambar ITL mengalami kenaikan sebesar 33 34% materi Perencanaan ITL mengalami kenaikan sebesar 33 34% dan materi SOP mengalami kenaikan sebesar 33 33%. Kemudian pada uji coba kelompok besar pada materi ITL Satu Fasa mengalami kenaikan sebesar 37 5% materi Gambar ITL mengalami kenaikan sebesar 40 62% materi Perencanaan ITL mengalami kenaikan sebesar 40 63% dan materi SOP mengalami kenaikan sebesar 37 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269695

Actions (login required)

View Item View Item