Pengembangan modul pembangkit listrik tenaga surya untuk mendukung praktikum siswa pada mata pelajaran perangkat pembangkit Kelas XI kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK / Chufadatul Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembangkit listrik tenaga surya untuk mendukung praktikum siswa pada mata pelajaran perangkat pembangkit Kelas XI kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK / Chufadatul Chusna

Chusna, Chufadatul (2022) Pengembangan modul pembangkit listrik tenaga surya untuk mendukung praktikum siswa pada mata pelajaran perangkat pembangkit Kelas XI kompetensi keahlian teknik pembangkit tenaga listrik di SMK / Chufadatul Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran karena bahan ajar mempunyai fungsi antara lain (1) menjadikan siswa dapat belajar tanpa harus ada guru atau teman siswa yang lain (2) siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja dapat belajar sesuai kecepatan masing-masing siswa (3) siswa dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri (4) dapat membantu potensi siswa untuk menjadi pelajar yang mandiri (5) serta dapat menjadi pedoman bagi siswa yang akan mengarahkan semua aktifitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dikuasai. Berdasarkan hasil wawancara dari guru pengampu Mata Pelajaran Perangkat Pembangkit menguraikan bahwa belum adanya modul untuk materi Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu pada penelitian pengembangan ini mengembangkan modul pembelajaran perangkat pembangkit yang dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran dikelas pada Mata Pelajaran Perangkat Pembangkit untuk siswa kelas XI Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK. Model pengembangan yang digunakan ialah model 4D (Define Design Develop and Disseminate). hasil dari pengembangan ini adalah modul pembelajaran berupa hardcopy yang digunakan untuk Guru. Di dalam modul pembelajaran terdapat 2 bab meliputi Identifikasi Tenaga Surya dan Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dengan adanya pengembangan ini bertujuan untuk menguji kevalidan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran perangkat pembangkit yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata semua hasil pengujian sebesar 93 40%. Dimana hasil persentase validitas ahli 1 sebesar 95 07% dengan kategori sangat valid validitas ahli 2 sebesar 95 83% uji coba kelompok kecil sebesar 89 22% dengan kategori sangat valid dan uji coba kelompok besar sebesar 93 57% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269694

Actions (login required)

View Item View Item