Hubungan social support dan vocational skill dengan career adaptability di era revolusi industri 4.0 pada siswa SMK Kelas XII kompetensi keahlian teknik elektronika industri di Kabupaten Malang / Arlianto Ferryd Firaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan social support dan vocational skill dengan career adaptability di era revolusi industri 4.0 pada siswa SMK Kelas XII kompetensi keahlian teknik elektronika industri di Kabupaten Malang / Arlianto Ferryd Firaqi

Firaqi , Arlianto Ferryd (2022) Hubungan social support dan vocational skill dengan career adaptability di era revolusi industri 4.0 pada siswa SMK Kelas XII kompetensi keahlian teknik elektronika industri di Kabupaten Malang / Arlianto Ferryd Firaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah era industri digital dimana seluruh bagian yang ada di dalamnya saling berkolaborasi dan berkomunikasi secara real time dimana saja kapan saja dengan pemanfaatan IT (teknologi informasi). Siswa harus merencanakan karier dan dapat beradaptasi dengan perubahan dunia kerja karena tenaga yang di butuhkan adalah skill dalam menguasai teknologi di era revolusi industri 4.0. Selain skill dalam merencanakan karier diperlukan dukungan sosial untuk mencapai tujuan siswa sebagai lulusan yang siap untuk bekerja. Faktor yang mempengaruhi siswa untuk memiliki Career Adaptability adalah Social Support dan Vocational Skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan Career Adaptability di era revolusi industri 4.0 (Y) (2) mendeskripsikan social support (X1) (3) mendeskripsikan Vocational Skill (X2) (4) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (Y) (5) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X2) dan (Y) (6) mengungkap adanya signifikansi hubungan antara (X1) dan (X2) dengan (Y) secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis exsplanatory research (penelitian penjelasan) dengan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan teknik sampling proposional random sebanyak 103 responden yang berstatus sebagai siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang yang telah melakukan prakerin. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 X2 Y berupa angket yang menggunakan skala linkert 4. Variabel X1 X2 Y memiliki tingkat reliabilitas 0.940 0.987 0.986.teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda analisis uji prasyarat dan uji hipotesis mengunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian diketahui (1) Career Adaptability di era revolusi industri 4.0 pada kategori sangat tinggi (2) Social Support mayoritas pada kategori sangat tinggi dan tinggi (3) Vocational Skill pada kategori sangat tinggi (4) koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0 407 dan taraf signifikansi 0 000 (5) koefisien korelasi parsial X2 dengan Y sebesr 0 211 dan taraf signifikansi 0 014 (6) koefisien korelasi simultan X1 dengan Y sebesar 0 444 dan taraf signifikansi 0 000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian TEI di Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269693

Actions (login required)

View Item View Item