Pengembangan alat peraga iot menggunakan mikrokontroler nodemcu esp 8266 sebagai media pembelajaran teknologi industri 4.0 SMK muhammadiyah 7 gondanglegi / Muhammad Bayu Setya Wahyu Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat peraga iot menggunakan mikrokontroler nodemcu esp 8266 sebagai media pembelajaran teknologi industri 4.0 SMK muhammadiyah 7 gondanglegi / Muhammad Bayu Setya Wahyu Atmaja

Atmaja, Muhammad Bayu Setya Wahyu (2022) Pengembangan alat peraga iot menggunakan mikrokontroler nodemcu esp 8266 sebagai media pembelajaran teknologi industri 4.0 SMK muhammadiyah 7 gondanglegi / Muhammad Bayu Setya Wahyu Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revolusi Industri 4.0 mempunyai dampak besar bagi berkembangnya sains dan teknologi. Suatu pengertian perkembangan teknologi yang dioperasikan untuk meminimalisir manusia dalam pengaplikasiannya demi ketepatan biaya tenaga waktu serta pemasukan informasi dalam waktu yang sama sesuai saat dibutuhkan melalui jaringan internet. Hasil wawancara dengan guru pengampu pelajaran IoT disimpulkan bahwa mata pelajaran ini masih sangat baru dan belum ada bahan praktikum terkandung di KD atau kompetensi dasar berhubungan dengan mata pelajaran yang di kembangkan. Pembelajaran yang diharapkan terdapat jobsheet dan alat peraga. Pembelajaran yang diharapkan akan melibatkan berbagai macam komponen dan perangkat elektronika. Penelitian dan pengembangan sesuai strategi menurut Sugiyono dilaksanakan dalam beberapa langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji coba Pemakaian (9) Revisi Produk dan (10) Produk Akhir. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan produk berupa alat peraga dan jobsheet yang lolos uji kelayakan media belajar Revolusi Industri 4.0 yang menggunakan NodeMCU ESP 8266 12E. Hasil dari validitas produk yang dikembangkan memperoleh rata-rata validitas 89.06% untuk alat peraga dan 91.11% untuk jobsheet yang masuk pada kriteria sangat valid untuk alat peraga dan jobsheet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil rerata didapat jobsheet dan alat peraga yang telah dilakukan validasi serta uji kelayakan sehingga dapat digunakan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran Revolusi Industri ke 4.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269684

Actions (login required)

View Item View Item