Isrofil, Fiqhy (2022) Pengembangan modul plc pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram berbasis challenge based learning untuk siswa Kelas XI teknik otomasi industri SMK Negeri 1 Singosari / Fiqhy Isrofil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pokok permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah keterbatasan Modul PLC yang digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sistem kontrol terprogram untuk jenjang SMK. Modul merupakan bahan ajar yang dirancang secara terstruktur menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh siswa sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usianya tujuannya adalah pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri dengan pendampingan oleh guru. Challenge Based Learning (CBL) dipilih sebagai inovasi pembelajaran yang disematkan pada pengembangan modul ini. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan Modul PLC berbasis CBL. Pengembangan modul ini menggunakan metode Riset dan Pengembangan (R amp D) dengan 11 tahap pengembangan. Modul PLC yang dihasilkan berupa e-book yang dapat diakses melalui laptop maupun ponsel pintar. Modul telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah melalui uji coba produk dan uji pemakaian. Berdasarkan penilaian tersebut modul dinyatakan Sangat Valid dan layak digunakan untuk mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 1 Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 00:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269658 |
Actions (login required)
View Item |